ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING DALAM PENAWARAN SAHAM PERDANA (STUDI KASUS PADA SEMUA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BEI TAHUN 2004-2008)

WARDHANA, RONY (2009) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING DALAM PENAWARAN SAHAM PERDANA (STUDI KASUS PADA SEMUA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BEI TAHUN 2004-2008). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
97.30.3238 Rony Wardhana COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB I)
97.30.3238 Rony Wardhana BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3238 Rony Wardhana BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3238 Rony Wardhana BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3238 Rony Wardhana BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3238 Rony Wardhana BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji variabel-variabel yang berpangaruh terhadap underpricing pada penawaran perdana pada perusahaan yang Listing di Bursa Efek Jakarta yang mengalami Underpricing pada periode 2004 -20008. Analisis Regresi Berganda digunakan untuk menguji hipotesis variabel besaran perusahaan (AGE), umur perusahaan (AGE), reputasi underwritter (UWQ), dan kondisi pasar. Ada 68 perusahaan yang melakukan IPO dan mengalami underpricing di Bursa Efek Jakarta yang dijadikan obyek penelitian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel-variabel yang berpengaruh terhadap underpricing di Bursa Efek Jakarta seperti besaran perusahaan, umur perusahaan, reputasi penjamin emisi, dan kondisi pasar. Untuk menghindari penyebaran nilai yang terlalu luas pada variabel SIZE terhadap variabel bebas yang lain, variabel ini diproksikan dengan fungsi logaritma, dan nilai MARKET dibuat nilai absolute karena program SPSS tidak dapat menghitung nilai negatif. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan alat analisis ini tidak dapat dilakukan karena tidak terpenuhinya asumsi-asumsi uji klasik dari analisis regresi berganda karena hal ini dapat mengakibatkan bias dalam pengambilan keputusan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 02:23
Last Modified: 25 May 2016 02:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item View Item