ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MARKETING MIX MOTOR CINA HAKAIDO JENIS WG (STUDI KASUS PADA PT. INTERNATIONAL IMAGE INOVATOR)

UJANG, DOCHDY (2002) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MARKETING MIX MOTOR CINA HAKAIDO JENIS WG (STUDI KASUS PADA PT. INTERNATIONAL IMAGE INOVATOR). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
97.30.3102 Dochdy Ujang COVER.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB I)
97.30.3102 Dochdy Ujang BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3102 Dochdy Ujang BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3102 Dochdy Ujang BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3102 Dochdy Ujang BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3102 Dochdy Ujang BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
97.30.3102 Dochdy Ujang LAMPIRAN.pdf

Download (899kB)

Abstract

Kendaraan roda dua sckarang sudah mcnjadi kcbutuhan primer karena kebutuhan akan transportasi darat yang cepat. murah dan nyarnan. Datam kondisi krisis monefer saat ini konsumen mencari kendaraan roda dua dengau harga yang re1ati r murah dan terjangkau. 8anyak para pengusaha yang rncndatangkan molor-motor dari Cina. Perkembangan MoC;n sangat cepat, hal ini dapat ditihat dari banyaknya jenis Moein yang ditawarkan di Indonesia dengan berbagai jenis modifikasi wama. desain bodi, desain lampu, sampai dengan berbage; asesoris yang menarik yang daps! menarik minat konsumen. Akibatnya persaingan kendaraan roda dua di lndonesia menjadi semakin ketat. Hal ini terlihat dari banyaknyajenis ~otor yang ada di Indonesia.Pada awal diluncurkan produk motor Cina, reaksi masyarakat terhadap k"Ualita<; produk motor Cina san gat rendah, anggapan tcrsebut mcnyebabkan keinginan masyarakat untuk membeli motor eins menjadi rendall. rni bisa dilihat dari pcnjualan yang tidak dapat mcmenuhi target penjuaIan yan tcIah ditetapkan. Kondisi tersebut terjadi pada Motor Hokaido yang,~~akan salah satu MoCin yans masuk di Indonesia. Motor Hokaido ban ~jeni~ /se~-W . is iui Q\empunyai kemiripan dengan Motor Jepang mere}, ~rf c. Jcms Supra yang notabe banyak disukai oteh konsumen. '1!1 1. ~ Masalah penelitian int di skan mengen~im~ngkat kep~onsumcn terhadap Marketing Mix dan P ' /NTE~NAJ(0NAL IMAGEfNQVA'fOR a motor Hokaido dibanding dengan · &la.aa ya< dihasilkall PT INTERN TIONA AGE rNOVATOR pacta motor H - Cl<f jenis G? Adapuo. !NaB .F.elitian ntuk: m~ ~i tingkat kcpuasan konsume tet'{adap,U ' keling ¥ix ~! i:li1ei8p~an olch Cr I!Jfcm' rzill lInage fnovator. l Pcnelitian ini dilakuk' di lokasi konsumoa membeli a motor rer'Ck f1 aido yaitu PT. International lm8~ Inov8t r 11. KawIlSflll ndus . :rezboyo 'Blo M 94 97 Semarang, dirnana kon terdiri ' berbagai lap'isaA --'m~kat ~hingg8 pat dikalakan heterogen. selain ikon en iepeda-JIlOlor ,merk H~do terscbut b ak kredit maupun yang lainnya. \.~. 7 Data penelitian ini me i u.ti data pnmer m :iplill.a-den~~ dan.(epuasa~ · nden (harapan dan kenyataan) tentang 1'nq(lceJing mix d~eda-f~~JIid""-Hokaidj.ftrifs WO. Populasi penelitian ini a.d8J'8ti\ konsumen (pemilik<Ian sekaligus,p akai) yang datang kekantor (showroom dan work.'i»f?) di JI. Kawasan lndustri T;oy~ k M 94 - 97 Somarang untuk kcpentingan bal·hal y~engan sepeda - :Hokaldo jenis WG. yaitu rata~rata per bulan terdapat 6GS ~an~ 3San-P.'OP.ulas ~ang dipilih yaitu karena mereka adalah pengambil keputusan pembelian yang mengern seluk-beluk produk. Teknik pengambilan sampel dengan accidental tiampling, dimana konsumen yang ditemui dikanlor perusahaan pada saat penelitian loi dilaksanakan, diambil sebagai responden sampai dengan berjumlah 100 orang. Sebelum data diaoalisis, dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui indikator masing-masing variabel adalah valid dan masing-masing "\'ariabcl adalah reliabel. selanjutnya data yang diperoleh dapat dianalisis lebih lanjut. Analisis data yang dipergunakan daIam pcnelirian lnl adalah anaJlsi~ Indeks Kepuasan Pelanggan (lKP) untuk mens.etahui tingkat kcpuasan konsumcn sepeda molor merk Hokaido Jcnis WO. Data dipaparkan dalam Tabel Distribusi Frekuensi dan sclanjumya dianalisis berdasarkan indcks kepuasan pelanggan (&rvqllolle$I). Kesimpulan hasil penelitian pada Motor Hokaido Jenis WG oleh pan1 pemilikl pemakai motor Hokaido Jenis WG pede PT International Image lnovelor sebagai berikut : 1. Indeks kepuasan peJan@gan atas produk secara keselucuhan (rata-rata) adalah tidak puas (skor lKP= 0,829). 2. Indeks kepuasan pelanggan alas harga secaca keseluruhan (rata-rata) adatah ridak puas (skor lKP= 0,748). 3. Indeks kcpuasan pelanggan atas saluran distribusi sccara keseluruhan (ra1a-rata) adalah tidak puas (skor IKP= 0,593). 4. Indeks kepuasan pelanggan atas Promosi secara keseluruhan (rata-rata) adalah tidak puas (skor JKP~ 0,848). Berdasarkan kesimpuJan dan penelitian ini, maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut : 1. Sepeda motor Hokaido jenis WG memertukan inovJ!iL yang benar-bcoar barn yang memperhatikan pada kemudahan perawatan. di sini 4iP.edukan peranan tenaga riset dan teknologi yang. hanclal. guna melak-ukan i ~ m 'Il ,gun menghasilkan mesin yang berpenorma lebih nnggi (Iebm oen-men;punyarkemampu aksclcrasi Icbih tinggi) ; l 2. PT. Intern.1tional Image Inovari se al"U agent counter merk Hokaido jen s G hams mampu mensiasati pasar untu enentukan ~JuaJ optnnal schingga pr Qk sepeda motor Hokaido jcnis WG . j pada pOsisi taw yang Icbm mcnarik para calon konsumcn cfibandingkan~an n~a produk _ sepeda motor ina (m ada counter lain, seIsin itu. cran' pihak ,cen perlu ~ masukaa kepoada I1t manajemen puset pada ui;h perow'\f#n kualitas IDOtiOrltQbiclo jenis WG upaya pu meningkatkan harga juel h balLat'" produk. ( 3. Perlonya memperbanyak pendiriall agen-~ u &lui~\er sepeda Hokaido jcnis WO un memenoru keblllDlum._J:i.Q.n~~ ~una , epeda tor sepeda motor Hokaido i ,. WG mel.~ boityaknya agenl _ paM saat ini im.sa kurang mencukupi ; PerJ unya penyoolaaII _ pori yang cuJQip poda tili> agenf '" tor Hokaido ~ Perlunya pengiffn bengkel TCsmi see6da mator HokwdQ jenis Wi yang dilengkapi dengan tenaga-t aaa handal dan b~iil~ y'ang borspcsialisas' usus mcnangani sepeda ~OI0~ ~ rda"'tnotor Hoklido~IS-Vl~ . ~ ". , .. 4. Sepeda motor Hokrudo Jews Wo.."N han)'a ~memperhauk - uantltas Ikl etapl Juga kuaJitas dan iklan itu sendiri, he) ~but dapat dilakukan dengan meD!;" trak bintang iklan dengeR dipercayakan kepaf'l~ aan pencipta ~kl a, dengan menyentuh kepada masyarakat penggunanya: ~

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Consumer Satisfication
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 02:07
Last Modified: 25 May 2016 02:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9425

Actions (login required)

View Item View Item