ANALISIS KOMBINASI BAURAN ATRIBUT KACAMATA YANG DISUKAI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA OPTIK SENTRAL SEMARANG)

JULIANTO, ALBERT AGUS (2003) ANALISIS KOMBINASI BAURAN ATRIBUT KACAMATA YANG DISUKAI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA OPTIK SENTRAL SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
97.30.3094 Albert AJ COVER.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB I)
97.30.3094 Albert AJ BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3094 Albert AJ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3094 Albert AJ BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3094 Albert AJ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3094 Albert AJ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3094 Albert AJ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
97.30.3094 Albert AJ LAMPIRAN.pdf

Download (303kB)

Abstract

Banyaknya merek dan tipe kacamata yang ada menyebabkan konswnen lebih selektjf dalam memilihnya Atribut-atribut produk yang satu akan dibandingkan densan atribut-atribut produk yang lain. Agar suatu produk dapat bertahan dan memenangkan persaingan. maka para produsen/optik harus merancang atribut-atribut produk kacamata yang berbeda dari pesaingnya dan sesuai dengan keioginan kon8um~n supaya dapat memuaskan konsumennya. Pihak produsen/optik harus dapat menguasai keadaan barang yang dij ny&. Apabila penjual dapat menyelami perangai orang pads umumnya,. maka is dapat mengetahui keinginan atau kegemamn dari calon pembeJi Janggaruiil lainnya. Anilisis kiner.' a optik berdasarkan atribut produk kaeamata den on8.lisiB conjoint (Consider 1; ly) adalab auatu metode yang didasarkan atas ~eferensj ko umen sec ... keseluru an dan simultan (bokan sequentiaJ stau per bagian) terhBdap barhagai 8b:ibut pem81larBD, Jadi responden diminta membandingkan paket-paket kombinasi atribut sel( igus dan meneotukan preferensinya Optik Se al Semarang. saa4 }ni tidak lepas dari pennasalahan yang komplek yaitu per i aan kacamata yaDg mlmiogkat, mu ai dar I ~k frame. bahan lensa. warna lens Han bahan frame yang ~jgunakan, Permint kaoamata variasi pada Optik SentrBl Semarang P.ada bolm Maret-J\pI':') 2003 menJaiami peningkat&n yWlg cukup begar yaitu sebesar 36~56% dan lmcamata konve B100al banya sebesar 8~51%. OJeh sebab J~ perlu diJakulqiii Isis otribut pro kac~ sehingga mamyemen optik Sentral dapat mengetiJiui 8e~ara pasti pr:eferensi kOll8umen atas berbagai atribut produk ~ g disukai konsumen pada peFUSahaan tersebut. Bertitik tolak dari hal di alas, dalarii pene.rtian ini diolObii judo) " NALISIS KOMBINASI BAURAN ATRmUT KAJ M~TA YAliG ISUK KONSUMEN (STUDI KASUS PADA OPTIK SENTRAL SEMkJlDG)". Pennasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuslam sebagai berikut: "Bauran atribut k:acamata apakah yang disukai konsumen pad&. optik sentraJ. Semarwlg?" Tuj 08n dari penelitian ini adalab untuk mengetBbui bauran atribut kacamata apakoh yang disukai konsumen pada optik sentraJ Semarang berdasarkan analisis conjoint. Lokasi penelitian ini adalah Optik Sentral JI. Puri Anj81lmoro BI-l2 Semarang, Alasan dipilihnya. sebagai lokasi penelitian didasarkan pada adanya persaingan yang ketat dengan berbagai optik yang ada, Optik sentral Semarang sast ini masih tetap eksis. P Opll hs i kon.CHlnJl'1I yang rllC'rnhcli dBn II W 1l.'!.,l;11 ml k;lII 1<. :,J(:arnnl:l :~(,Iltl"al S(,IlI('r~tllg !\crrl;u;;)J");;lIl E,I;1.111 ,,(,Ilting k'~('ltlpal altibut kac<JlIlula adalal, f.;l.'bagai beril<ll{ : lllllnlll li,llllf" :ldnlllh pililmn 1I01110r SHIll 29,61'),'1" fwdl111glolll kC'dllB adalnll Wflfltll \1' llHH ~;('bl~~~nr 2E,'12')'cl, kl~li ,Q.n ndnlah Ill~Jlflll{ finll11' 22,7(j"Ic. (11\11 haJlI\II kll~ll :1":11:111 1'1'0(/111< I Y,2 I~n . Dari IlHgil dinlnR dnpnl diRimptllkaJl hnhnn fhllllC' IlHT1IP:lbll hl:lol" Ih'lllin,C. ynn!; 11l1'lllpengarnhi J<OllslIlIll'n pmlll Oplik ~)I~lIfr:tl :-: I~ 111; \I .; 11 1 ,g Berdasarkan hasil analisis conjoint diperoleh hasil bentuk frame dengan tanpa fhune, warna lensa dengan lensa benv3ma, bahan lensa dengan lensa kaca, bahan frame dengan bahan alumunium maka dapat di~ukan saran-saran kepada pihak Optik Sentral Se.marang lebih menyediakan bentuk ftame dengan tanpa frame yang Ie-bih banyak lagi variasinya (frame dengan bentuk gagang kacamata pipih, kotak dan bulut), untuk wanta lensa menyediakall w8mR-wrulta yang banyak pilihwmya, untuk bahan lensa lebih banynk menyediakan bahnn lensa dari knen yang tidak mudah tergores, uotuk bahan frame Jebih banYBk menyediakan bahan frame dari aJumunium dengall kualita'j yang bagus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 02:06
Last Modified: 25 May 2016 02:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9404

Actions (login required)

View Item View Item