ANALISIS POSITIONING ROKOK KRETEK DJARUM 76 BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KECAMATAN GAYAMSARI SEMARANG (STUDI KASUS PADA PASAR GAYAMSARI SEMARANG)

SURYANTO, ARIVIDYA YAJNA (2005) ANALISIS POSITIONING ROKOK KRETEK DJARUM 76 BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KECAMATAN GAYAMSARI SEMARANG (STUDI KASUS PADA PASAR GAYAMSARI SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
99.30.4044 Arividya YS COVER.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
99.30.4044 Arividya YS BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4044 Arividya YS BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4044 Arividya YS BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4044 Arividya YS BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text (BAB V)
99.30.4044 Arividya YS BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.30.4044 Arividya YS DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
99.30.4044 Arividya YS LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada nlaSH kcmaj uan tckhnologi dan persaingan pasar yang kompetitif ini, setiap pclaku bisnis yang ingin memenangkan persaingan hams memberikan perhatian dan penerapan strategi pemasaran yang tepat dan pemahaman yang teIjadi pada lingkungan pemasaran, konsurnen adalah salah satu peJak'l dalanl lingkungan pemasaran, perusahaan harus rnemperhatikan ,memahami dan menanggapi dengan cepat pcrubahan kebutuhan dan kcinginan k~nsumen untuk dapat rncnjadi pemenang dalum pcrsaingan yang tepat. Untuk memilih pasar ~~~~melayaniA a de gan baik, perusahaan hams mcncrapkan pasar sasaran karcna pcJnbauran sasaran sangat mcmbantu perusahaan dalam menelnukan pel g1JCmasarannya. Medurut Kotle ~2002 : 292), pemasaran sasaran mcngharuskan 6emasar melakuKan tiga langkah pertarlla : 1) segmentasi pasar yaitu mCllgidcntifikasi dan mernbentuk ke1ompo' per-nbeli yang berbeda yang mungkin meminta proouk, 2) penerapan pa ar sasaran yaitu me Ii . satu atau lebih scgmcn pasar un ' dimasuKi, dan 3) ~ ctapan posisi PHsar Y(1.iJ.u mcmbedakan, mengkomunikasika maniaat utalna yang me.-; bedakan produk dal pasar. Dengan pemasaran sasa~ rusaHaan dapat 'nbagi pasar yang luas ke dalam beberapa scgmcll, membidill • satu atau lcbih segmcn, kcmudian mcm posisikan produk berdasarkan keungg Ian dan pemedaan yang dimiliki oleh ~roduk t(;fSebut. P~nelitian ini berusaha tuk mengetahui posisi rokok k~etek Djarum 76 ~1engan mcnggunak peta ~rsepsi -liban<ilingkan dcngan ·~in g-pesaingnya menurut perepsi peFO ok terha aIt atfibut~atcibut n;)Kok. MetJ. t~llihui posisi yang ditcmpati rokok krclc Djarum 7 dlantara para pcsa' ng-p~saingnya sangat membantu PT Djarum pusat untuk menentu an tindakan apa ang hams dilakukan di masa mendatang dalam hub gann~a dengan stratew ppsitl(J)nlng. Untuk itu Djarwn perlu mengetahui posisi prodUknya di ben' k kons men diBandingkan dengan para pesaingnya. Untuk itu PT Djarum perlu mengetahui posisi produknya di benak konsumen dibandingkan dengan para pesaingnya. Mellihat atriibut-atribut yang diperkirakan menjadi pertimbangan konsumen dalam merokok khususnya Dhjarwn 76, oleh karena itu peneliti tertL-ik untuk meneliti Iebih lanjut schingga mcngambil judul pcnclitian ANALISIS POSiTIONING ROKOK KRl:..Tl:;K LJ./ARlJA1 76 Bf.;lWASARKAN PHR\,'!:J:)l\,'j KONSlfhtb'N lJl Kl~'CAMA1'AN GAYAMSARI SE,.."fARANG (Studi Kasus Pada Pasar Gayamsari Semarang). Dalam pene1itian ini yang menjadi pcrmasalahan penclitiall adalah dimanakah posisi rokok krete <. Djarum 76 di antara pesaingnya ditinjau dari persepsi konsumen terhadap atribut-atribut yang ditawarkan dengan batasan masala.l-t pa.da : 1. Atribut-atribut pada rokok kretek Djarum 76 yang diteliti berdasarkan hasH prasurvey adalah keterkenalan merek rokok, rasa, kerr.asan, iklan, penjualan cccran, isi, , kcmudahan mcndapat, harga kadar racun dan produsen Penentuan atribut tersebut diperoleh dengan terlebin aahulu mengadakan prasurvei tentang sebab-sebab orang mengkonsnmsi rokok kretek 2. Responden yang diteliti adalah pcrokok Djarum 76 yang juga pemah merasakan rokok Gudang Garam Merah kretek dan Sampoeraa kretek .. Dalrun tinjauan pustaka dijelaskan tentang konsep yang digun:1kan dan definisinya. Ada beberapa konsep dalam tinjauan pustaka yaitu pengertian perna.s&-aIl, perilaku konsumcn, positionin dan pikiran, dcfinisi positioning, produk po~itioning, pcrsepsi, hubWlgan prod uk., positioning dan brain image, kakrakter fisik, pendekatan .. pendekatan daJam melakukan positioning, proses posit:vning, positioning berhubungan dengan atribut-atribut produk, berb~gai cara positioning, positioning dalam bentuk sederhana, pemetaan perseptuaI. Mctodc pcnelitian yang digunakan a<iala etode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pengukuran valid'tas';lel'iaoilitas beniaSafJatn korel~si product moment serta Correspondell Analxsis. . Pada pcmbahasan Clikeolukakan mengenai ambaran umWH lokasi pcneliti~ pengelompokan rt spon en berdasarkan jenis kelamin dan pe ~l~ge.an, jenis kelamin . dan urnur scrta jeJlis lamln dan pendidikan, Sdain itu dipapadtan juga tanggapan respondcn tt!rhada atribut. Dalam pemba asan, dikemuk kan pula lasH penelitian dan inteprestasi ~ il penelitian dimana oer ar ~an haSil analisi~ Corresponden Analysis dikclahui : · 1. Posisi masing-, 2. Uji keselaran t I

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 20 May 2016 07:56
Last Modified: 20 May 2016 07:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9349

Actions (login required)

View Item View Item