ANALISIS SEGMENTASI PEMBELI SANDAL PADA UD. KARUNIA ABADI SEMARANG

Chrisyanto, ,- (2003) ANALISIS SEGMENTASI PEMBELI SANDAL PADA UD. KARUNIA ABADI SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
98.30.3652 chrisyanto.COVER.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB I)
98.30.3652 chrisyanto.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3652 chrisyanto.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3652 chrisyanto.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3652 chrisyanto.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3652 chrisyanto.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3652 chrisyanto.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
98.30.3652 chrisyanto.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persaingan dunia bisnis pada saat ini sudah begitu ketat, apalagi perusahaan yang bersaing tersebut bergerak dalarn bidang yang sarna. Kondisi yang seperti ini membuat setiap perusahaan untuk dapat bertahan dan terus mengembangkan perusahaannya agar tidak tertinggal dengan perusahaan lain. Oleh karena itu dalarn menjalankan operasi bisnisnya perusahaan dituntut untuk menggunakan strategi dan pendekatan yang tepat terhadap konsumennya. Persaingan yang ketat menjadikan perusahaan untuk berkonsentrasi pada suatu segmen tertentu, walaupun ada juga perusahaan yang membidik beberapa segmen sekaligus. Hal ini dimungkinkan karena adanya dukungan modal yang kuat. Perusahaan yang mengahadapi persoalan dalarn bersaing tidak semata - mata hanya 4-P, tetapi juga menyangkut segmenting, targeting, dan positiong. Segmentasi merupakan dasar untuk menetapkan target pasar (targeting dan posisi produk (positioning). Karena alasan tersebut, segmentasi pasar juga dibutuhkan oleh perusahaan UD. Karunia Abadi yang memproduksi sandal. Segmentasi pasar sangat diperlukan oleh perusahaan UD. Karunia Abadi untuk menentukan segmen mana yang akan dibidik oleh perusahaan, karena UD. Karunia Abadi tidak mungkin untuk membidik semua pasar sekaligus, apalagi mengingat usia perusahaan yang masih sangat muda (didirikan pada tahun 2000). Tujuan dari UD .. Karunia Abadi melakukan segmentasi adalah meningkatkan penjualan, memperbaiki pangsa pasar dengan melakukan promosi yang lebih baik dan memperkuat citra yang masih sangat kurang. Setelah terjadinya krisis moneter, perusahaan harns mencari cara untuk lebih lagi menarik minat pembeli, sehingga ini menjadi suatu tantangan bagi perusahaan untuk lebih memperbanyak variasi produk sandal, yang dapat menarik minat konsumen untuk masing-masing kelompok pembelinya. Perusahaan perlu mengetahui segmen pembeli sebagai dasar untuk menentukan target pasar maupun posisi produknya lebih lanjut. Menurut Kotler segmentasi mempunyai beberapa bentuk yaitu segmentasi demografis yang terdiri dari usia, tahap siklus hidup, jenis kelarnin, penghasilan, pendidikan, pekerjaan, generasi, dan kelas social. Segmentasi geografis ,yang membagi pasar menjadi unit-unit geografis yang berbedaseperti Negara, propinsi, kota atau lingkungan. Segmentasi psikografis yang terdiri dari gaya hidup dan kepribadian. Segmentasi perilaku yang terdiri dari kejadian, manfaat, tingkat pemakaian, status kesetiaan, dan sikap. \ Untuk memperjelas masalah penelitian, maka peneliti menguraikan masalah sebagai berikut : Bagaimanakah segmentasi pasar pembeli sandal pada UD. Karunia Abadi. Dalarn penelitian ini hanya menggunakan segmentasi demografis yang terdiri dari usia, jenis kelarnin, penghasilan, pendidikan, pekerjaan, kelas sosial dan segmentasi perilaku yang terdiri dari kejadian, manfaat, tngkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap. Segmentasi geografis dan psikografis tidak digunakan Segmentasi geografis tidak diteliti karena sandal dibutuhkan di mana saja dan tidak tergantung tempat sedangkan Sedangkan untuk segmentasi psikografis tidak diteliti karena sandal bukanlah suatu gaya hidup, contohnya orang yang gaya hidupnya aktif membutuhkan sandal dan orang yang mempunyai gaya hidup pedesaan juga membutuhkan sandal. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan, yaitu dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam pengambilan keputusan manajemen dalam membuat rencana-rencana perusahaan yang paling menguntungkan dan sekaligus menghindari hal-hal yang menghambat perkembangan perusahaan. Sedangkan bagi pihak lain semoga dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi penelitian sejenis dan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Beberapa teori yang digunakan sebagai landasan dalam penulisan penelitian ini adalah sebagai berikut : pemasaran, segmentasi pasar, dan STP (segmentasi, targeting, positioning). Objek penelitian dari penelitian ini adalah pembeli sandal UD. Karunia Abadi. Sedangkan perusahaan yang diteliti berlokasi di jalan Puri Anjasmara Blok PS/IS. Jumlah populasi tidak dapat diketahui secara pasti, maka metode pengambilan sample yang digunakan adalah metode non random sampling, yaitu dengan menggunakan teknik quota sampling. Dalam penelitian ini peneliti menentukan sample sebesar 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan distribusi frekuensi dan tabulasi silang (crosstabs ). Secara ringkas berdasarkan hasH penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Segmentasi berdasarkan demogratis : Konsumen yang membeli sandal produk UD. Karunia Abadi sebagian besar adalah perempuan yang berusia antara 20 - 23, mempunyai pekerjaan lain - lain (diluar pegawai negeri sipil, pegawai negeri swasta dan wiraswasta), mempunyai tingkat pendidikan terakhir Perguruan Tinggi, mempunyai penghasilan kurang dari Rp. 1,000,000, makan di restoran mewah sebanyak 1 kali dalam sebulan dan bertempat tinggal di daerah perumahan biasa. Segmentasi berdasarkan perilaku : Sebagian besar responden mempunyai sikap yang positif terhadap sandal UD. Karunia Abadi, senang berganti - ganti merek antara merek yang biasa digunakan dengan merek lain" mempunyai tingkat pemakaian sandal sedang, manfaat yang ingin diperoleh adalah kenyamanan dan digunakan untuk sehari - hari.Berdasarkan kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diajukan saran sebagai berikut : Perusahaan agar memperhatikan harga jual produk supaya tidak terlalu tinggi, karena sebagian besar konsumen pengguna sandal UD. Karunia Abadi berpenghasilan menengah ke bawah. Perusahaan memperhatikan kualitas produknya agar mempunyai daya tahan yang kuat, tidak cepat rusak dan nyaman untuk digunakan, karena sebagian besar konsumen menggunakan sandal untuk kegiatan sehari - hari dan bertujuan untuk memperoleh manfaat kenyamanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 12 May 2016 01:42
Last Modified: 12 May 2016 01:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9137

Actions (login required)

View Item View Item