FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU PRABAYAR SIMPATI

SANJAYA, JEFFRY ADE (2004) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU PRABAYAR SIMPATI. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
98.30.3651 jeffry as.COVER.pdf

Download (435kB)
[img] Text (BAB I)
98.30.3651 jeffry as.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3651 jeffry as.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3651 jeffry as.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3651 jeffry as.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3651 jeffry as.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3651 jeffry as.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
98.30.3651 jeffry as.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada era gIobalisasi dan modern informasi menjadi kebutuhan vital, oleh karena itu ketersediaan teknologi untuk melakukan komunikasi tidak terhalang oleh jarak dan waktu sangat dibutuhkan. Telepon selular atau handphone, menjadi aIat kOlnunikasi yang san gat praktis bagi masyarakat karena keberadaannya tidak tergantung pada tempat dan waktu serta dapat digunakan kapanjuga. Peluang bisnis kartu telepon selular yang masih cerah menjadikan persaingan antar operator dari kartu telepon selular semakin ketat. Pihak Te1komsel selaku operator dari kartu Prabayar Simpati terus melakukan inovasi terhadap atas SIM Card prabayar tersebut dengan cara menambahkan beberapa fasilitas baru seperti MMS, call waiting, voice mail, internasional roalning, multi party calling, GPRS, simpati zone dan juga menambahkan beberapa fasilitas barn la~nnya yaitu mengeluarkan paket perdana dengan harga yang cukup murah. Berdasarkan uraian pada latar belakang diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan judul : "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Menggunakan Kartu Prabayar Simpati". Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas~ permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : "Bagaimana pengelompokkan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam Dlenggunakan Kartu Prabayar Simpati?". Populasi dalam penelitian ini adaIah pengguna kartu prabayar Simpati dati operator Telkomsel. Mengingat jumlah populasi tidak diketahui secara pasti maka besamya sam pel ditetapkan dengan menggunakan teknik quota sampling, yaitu sampel ditetapkan sebesar 50 responden. Teknik sampling yang digunkan adalah teknik accidental sampling yaitu para pelanggan yang ditemui secara sembarang pada saat penelitian. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor yang bertujuan untuk menyederhanakan variabel. Hasil penelitian diperoleh sebgai berikut : 1. Dengan menggunakan rotasi faktor varimax, dari 13 variabel yang diteliti diperoleh hasil 12 vari abe I yang tergabung dalam 4 faktor dengan faktor loading minimum 0,55. Sisanya sebanyak 1 variabel dikeluarkan dari model. 2. Empat faktor bersama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam menggunakan kartu prabayar Simpati terdiri dari: ... a. Faktor Fasilitas dan Promosi Kartu Prabayar Simpati.yang terdiri dari varia bel memiliki kemampuan menangkap signal dengan kuat, didukung oleh jaringan yang tersebar di beberapa tempat sehingga daerah operasi luas, menghasilkan suara yang jernih dan jelas saat digunakan untuk percakapan, t;dak pernah mengalami blank / terputus didaerah operasi I saat digunakan dalam percakapan, memiliki fasilitas feature yang lengkap dan tertarik dengan promosi. b. Faktor faktor Tarlf I Biaya Percakapan dan Bebas Roaming yang terdiri dari vriabeI bebas biaya roaming dan biaya percakapan kartu prabayar Simpati murah. c. Faktor Harga Kartu Perdana dan lsi Ulang Kartu Prabayar Simpati yang terdiri dari variabel kartu perdana harganya terjangkau konsumen dan pulsa isi ulang harganya terjangkau. d. Faktor Kemudahan dalam Mendapatkan Kartu Prabayar yang terdiri dari variabel tersedia banyak counter / toko resmi yang menjual kartu prabayar perdana / voucher isi ulang Simpati dan voucher isi ulang mudah didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan saran-saran sebagai berikut : 1. Pihak TelkomseI meningkatkan fasilitas-fasilitas yang dapat diakses oleh pemakai kartu prabayar sejalan dengan semakin meningkatnya tekonologi yang dipakai oleh para produsen telepon selular. 2. Pihak Telkomsel meningkatkan sarana dan prasarana khususnya stasiun pemancar gelombang ( Base Transceiver Station / BTS ) diseluruh wilayah Indonesia, sehingga kartu prabayar Simpati digunakan mampu menangkap sinyal ketika akan digtmakan untuk berkomunikasi di daerah mnapun kita berada. 3. Pihak Telkomsel meningkatkan jalinan hubungan yang lebih baik dengan, konsumen, mi~ya dengan memberikan ucapan-ucapan khusus pada barihari tertentu, misalnya Hari Raya, Tahun barn dan sebagainya. Sehingga dengan adanya jalinan hubungan tersebut konsumen kartu prabayar merasa mendapatkan perhatian dari pihak operator. 4. Menciptakan materi promosi dibuat semenarik mungkin sehingga materi promosi tersebut. dapat merangsang pelanggan untuk selalu melihatnya kembali. Dengan adanya minat pelanggan untuk selalu melihat promosi Kartu Prabayar Simpati maka pelanggan apabila ingin membeli kartu prabayar dapat teringat pada Kartu Prabayar Simpati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 12 May 2016 01:41
Last Modified: 12 May 2016 01:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item