PENGARUH PERSEPSI RASA KEADILAN DALAM PENERIMAAN KOMPENSASI DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KEPUASAN KERJA TENAGA PENJUALAN (STUDI KASUS PADA KANTOR OPERASIONAL ASURANSI KERUGIAN PT. ASURANSI DHARMA BANGSA CABANG SEMARANG)

ARIYANTO, WIWIN (2002) PENGARUH PERSEPSI RASA KEADILAN DALAM PENERIMAAN KOMPENSASI DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KEPUASAN KERJA TENAGA PENJUALAN (STUDI KASUS PADA KANTOR OPERASIONAL ASURANSI KERUGIAN PT. ASURANSI DHARMA BANGSA CABANG SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
94.30.2059 Wiwin Ariyanto COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB I)
94.30.2059 Wiwin Ariyanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2059 Wiwin Ariyanto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2059 Wiwin Ariyanto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2059 Wiwin Ariyanto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text (BAB V)
94.30.2059 Wiwin Ariyanto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.2059 Wiwin Ariyanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
94.30.2059 Wiwin Ariyanto LAMPIRAN.pdf

Download (335kB)

Abstract

Bagi perusahaan asuransi, tenaga penjualan atau agen asUl1!.nsi merupakan unsur penting dalam pemasaran produknya Agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan tanear, maka faktor manusia ini tidak dapa1 diabaikan. apabila muncul gejaJa rendahnya kepuasan kerja seperti tingginya lingkat perputaran tenaga peDjualan dan masa kerja yang relatif pendek. perusahaan perlu mengetahui apa penyebab kondisi tersebut. Upaya lersebut dilakukar. agar kondisi dan kinerja perusahaan tidak terganggu. Menurut Gary Dressler (1982), kep@!S",,-~erja perlu dlJa - r'{ke~a lidak mengalarni frustasi dan agar dapa~i kernalangan psikologis d'~ ~kerja. Oleh karena itu perusahaan perlft~ngeta'ifu;';urft'l5ei penYclJab rendahnya kePfasan kerja. Di lain pihak. penilaian dan pandangan ~kerja atas keadflan Jalam kebijaksanaan dan perl "uan perus,haan menim I - adanya ~seQ§i 'cadi!an pekerja atas kebija n~ p rusahaan y\. dilerima. ,Adapua ke ·d.kad ' yang dinisakan pekerja dap menjadi umber ~ketidalq)uaJID kerja, - Bertolak dan hal t but rna a ~it1an ini ingin mengetahu' agalm persepsi kcadilan dalam pc ( maan kompensasi dan promosl jabatan pada te a a penjua!an dan pengaruhnya t ap t;ngk31'!<epU~/ljt.n dilakuk di Ktmtor Oper8sional PT. Asurar:~h-arma B~n ~aDllng Semara ( engan mengalllbil keseluruhan populasi yai~~~OIan I ,~-.... Bcrdasarkan uralan diatas m]fa peneJ:'. ott - mbahas lebih lanjut mengenai kepuasan kerja dengan judul "Persepsi Rasa Keadilan Dalam Penerimaan Kompensasi dan Pramosi Jabatan Terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Penjualan Pada PTo Asuransi Dharma Bangsa Cabang Semarang"o Dalam penditian ini yang menjadi tujuan pcnelitian adalah ingin mengetahui pengaruh persepsi rasa keadilan dalam penerimaan kompensasi terhadap kepuasan kerja tenaga penjuaJan. pengaruh persepsi rasa keadilan dalam pencrimaan promosi jabatan tcrhadap kepuasan kerja tenaga penjualan. dan peogaruh persepsi rasa keadi Ian dalam penerimaan kompensasi dan promosi jabatan terhadap kepuasan kerja tenaga penjualan. Lokasi yang dipilih sebagai obyek penelian dalam skripsi ini adalah PT. Asuransi Dharma 8angsa Cabang Semerang di JI. Cendrawasih No. A·39~ Semarang. Dipilihnya obyek penelitian in; karena pada karyawan bagian penjualan mengalami kelidakpuasan pada kompensasi dan promosi jabatan yilng diberikan oleh perusahaan. Analisis yang digunakan untuk data dalam nel,eli!i,," ini adalah analisis Tegresi )jnicr berganda yang bertuan antora variabel bebas yaitu rasa kel,dillaj)'i} ~2~::~~~a~!a~u !idak pengaruh jabatan seeaea paTsial maupun sll'~ii:le,,;an13 dengan v~abel kepuasan kerja !enaga Dari h!ll'in;;;;;-lisis ; ng m,erig!:un:'k~~\linil" berganda dengan malca diperoleh per benku! : Y = 4,523843 + 123 T Dari persamaan diatas daIP'llf~i:,nilka~ se~"s-i - Apabila (XI) naik satuln ~ (X2) koqslan, mob (Y"f'dih:ara,,\C'a!l naik sebesar 0,33 I 123. - Apabil. (X2) naik sebesar s\\~~!Uim dim~ , mal.(y ) dih,,6P1<,m nuik sebesar 0,216802. Jadi berdasarkan persamaan t~'::::U~~:~ dalam penerirnaan kompensasi dan keadilan ):IO' p"""m kerja tenaga penjualan. Dimana persepsi rasa keadilan dalam penerimaan kompensasi lebih besar dari pads persepsi rasa keadilan dalarn penerimaan promosi jabatail. Hal ini dapat dilihat pada angka koefisien (X I) lebib besar dari angka koefisien (X2). Adjusted R square = 0,47452 berarti sumbangan rasa kearnlan dalam penerimaan kompensasi dan promosi jabalan terhadap kepuasan kerja tenaga penjualan sebesar 47,5424 %. lni berarti bahwa sumbangan dan rasn keadilan daJam penerimaan kompensasi dan promosi jabatan cukup optimal, karena masih terdapat faktor-faktor yang lain. Terhilung lebih besar I Tabel yaitu ada pengaruh (X I) lerh.dap (Y), berarti dari hasil anal isis secara parsia! variabel (XI) (I hilung > Ilabe! ~ 3,534 > 1,684) dan variabel(X2) (I hilung > Ilabe! ~2,3!6 > 1,684). F hi lung = !8,67289, sedangkan F label unlu ~ii 5 % (n - k - I) adalah sebesar 5,25. Fhitung da!am hal ini !ebih besar dari F labe! dimona berlaku laiteria bahwa apabila F hitung !ebih besar dari pada F label maka Ho ditolak Hi dilerima. Tni berarti ada pengaruh antara persepsi rasa kead ilan dalam penerimaan kompensasi dan promosi jabatan terhadap kepuasan kerja tenaga penju,a!o.n. Dari perhitungan yang signifikan antara il'j,a,bat'''' dapa! diatas, berarti bahwa bipotesis yang menyatakan persepsi rasa keadilan dalam OIII!fnsasl kepuasan tenaga penjuala ebesar O,331 12~~. pe'cP"i rasa 'ea penerimaan promosi jabal empcngarubi k as.n kerja I",,"sa penju an sel'¥'f ~ 0,216802. Jadi kesimpulannya adalah persepsi rasa keadilan dalam penerimaan kompensasi dan promosi jabatan sebesar 47.542% sedangkan sisanya sebesar 52.438% ditentukan oleh faktor lain. Hasil analisis ini dapat menjadi bahan masukan bagi pihak perusahaan agar dapat memahami secara lebih baik dalam pencrimaan kompensasi dan promosi jabalan serta kepuasan kerja mereka Sehingga membantu perusahaan dalam mempertahankan dan mengembangkan tenaga penjualannya agar operasional perusahaan tidak terganggu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2016 03:22
Last Modified: 04 May 2016 03:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9077

Actions (login required)

View Item View Item