ANALISIS PERBEDAAN KUALIT AS AIR YANG DIRASAKAN KONSUMEN DENGAN KUALIT AS AIR YANG SEBENARNY A MENURUT PARAMETER FISIK (WARNA, RASA DAN BAU) PADA AIR PAM SEMARANG (Studi kasus pada Perum. PGRI Klipang)

Astuti, Rr. Ira Niken (2003) ANALISIS PERBEDAAN KUALIT AS AIR YANG DIRASAKAN KONSUMEN DENGAN KUALIT AS AIR YANG SEBENARNY A MENURUT PARAMETER FISIK (WARNA, RASA DAN BAU) PADA AIR PAM SEMARANG (Studi kasus pada Perum. PGRI Klipang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
98.30.3623 rr. ira niken a.COVER.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB I)
98.30.3623 rr. ira niken a.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3623 rr. ira niken a.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3623 rr. ira niken a.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3623 rr. ira niken a.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3623 rr. ira niken a.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3623 rr. ira niken a.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
98.30.3623 rr. ira niken a.LAMPIRAN.pdf

Download (303kB)

Abstract

Seperti diketahui bahwa setiap perusahaan didirikan untuk mencapai tujuantujuan tertentu baik yang bersifat sosial maupun yang bersifat ekonomis. Tujuan didirikannya suatu perusahaan antara lain adalah untuk mendapatkan keuntungan, guna mengembangkan usahanya dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan maupun untuk menambah nilai pandang masyarakat terhadap perusahaan itu sendiri. Air adalah sumber daya alam yang langka yang membutuhkan pengelolaan yang cermat, baik berdasarkan prinsip ekonomi maupun lingkungan alamo Pada dasarnya air merupakan kebutuhan dasar manusia, oleh karenanya pada awal mula air dianggap sebagai komoditi sosial. Oi indonesia penyediaan air bersih untuk masyarakat dilaksanakan oleh POAM (Perusahaan Oaerah Air Minum) yang pembangunan infrastrukturnya berasal dari pajak masyarakat. Oalam menjalankan usahanya, POAM menjalankan konsep pemasaran berwawasan sosial, karena air adalah salah satu social goods. Konsep pemasaran berwawasan sosial menyatakan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing dengan mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Konsep pemasaran mengajak pemasar membangun pertimbangan sosial dan etika dalam praktik pemasaran mereka. Mereka harns menyeimbangkan dan menyelaraskan tiga faktor yang sering menjadi pertikaian yaitu laba perusahaan, pemuasan keinginan konsumen, dan kepentingan publik. Perceived quality atau kualitas yang dirasakan adalah persepsi konsumen terhadap kualitas produk. Perceived quality dari air PAM oleh konsumen salah satunya mengenai parameter fisik (warna, rasa dan bau), apakah sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor : 907IMENKES/SKlVW2002 atau tidak. Oalam penelitian ini penulis ingin menetahui apakah ada perbedaan antara perceived quality atau kualitas yang dirasakan konsumen air PAM dengan kualitas air yang sebenarnya, agar tidak menimbulkan dampak negatif apabila terjadi perbedaan. Penelitian ini menggunakan anal isis deskriptif kualitatif, yaitu dengan membandingkan analisis perceived quality dengan analisis uji laboratorium. Analisis perceived quality diperoleh dari kuesioner mengenai warna, rasa dan bau air PAM (parameter fisik) sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor : 907IMENKES/SKlVIII2002. Sedangkan analisis uji laboratorium diperoleh dari uji laboratorium mengenai wama, rasa dan bau air PAM (parameter fisik). Oengan melakukan serangkaian pengolahan data, maka dari skor rata-rata kualitas air yang dirasakan diperoleh hasil bahwa warna, rasa dan bau air PAM (parameter fisik) menunjukkan bahwa konsumen air PAM (studi kasus pada Perum. PGRI Klipang) merasa kualitas warna, rasa dan bau air PAM yang selama ini mereka gunakan telah sesuai dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan.Sedangkan analisis uji laboratorium rnenunjukkan bahwa kualitas wama, rasa dan bau air PAM sangat baik, karena tidak berwama, tidak berasa dan tidak berbau}. Setelah rnengetahui hasil analisis , rnaka dapat disusun kesirnpulan bahwa kualitas yang dirasakan oleh konsumen air PAM tidak ada perbedaan dengan kualitas yang sebenamya. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti, agar PDAM Kotamadya Sernarang tetap rnenjaga dan rneningkatkan kualitas air PAM sesuai dengan standar kesehatan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nornor : 907/MENKES/S KNIII2002 .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Executive management > Total Quality Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 May 2016 04:05
Last Modified: 04 May 2016 04:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9042

Actions (login required)

View Item View Item