ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN BAGIAN PENJUALAN PADA PT. CIPTA JASA DWIPA SAKTI SEMARANG

DAISY, - (1999) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN BAGIAN PENJUALAN PADA PT. CIPTA JASA DWIPA SAKTI SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
94.30.1941 Daisy COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB I)
94.30.1941 Daisy BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1941 Daisy BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1941 Daisy BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1941 Daisy BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
94.30.1941 Daisy BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.1941 Daisy DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
94.30.1941 Daisy LAMPIRAN.pdf

Download (154kB)

Abstract

Sistem pengendalian intern suatu perusahaan membantu pimpinan perusahaan menjaga keamanan harta milik perusahaan l mencegah serta menemukan kesalahan-kesalahan dan penggelapan- penggelapan yang dapat rnerugikan perusahaan. Sistem pengendalian intern bukan dimaksud untuk meniadakan semua kemungkinan terjadinya kesalahan atau penyelewengan. Sistem pengendalian yang memadai akan dapat menekan terjadinya kesalahan dan penyelewengan dalam bat asbatas biaya yang layak dan kalaupun kesalaban atau penyelewengan terjadil hal ini:c;:pat diketahui dan diatasi secara cepat . Salah satu sistem peig·e a j,. n intern yang penting peranannya b"agi perusa 8.aIL.a>alah siem...: gendalian bagian penjualan. Hal in' rena ~enjualan me akan kegiatan perusahaan yang sQcara nyata menghasil kan ~e dapatan untuk membayar harga po~k dan b' ya-~~ perusah~ yang telah dikeluarkan , pemgagian la~a dan perluasan peru~haan. Bagi banyak perusaha,gn / kehidupannya te'tgantung pada Kltperhasilan pemasaran p odllk'-pro<\uknya l ~ d iperlUkan pengendalian khusus untuk 1I.nq~1<l an p"odwm~a yang per'j.U .didlil.i!og oleh kerja para k~yawan yang c~P P 4a bagia ~en i'll'fllan dan baiknya pros dur penjuala ., y 9 melilflti j)elayanan penjualanl ke patan perientu~n dan~elaksanaan pen gihan dan kerapian adm ·l.stra i bagian _ p'enjualan ya 9 aka~ sangat mempengaruhi ,eberhasilan pemasaran , yang be(la: i pula kelangsungan ! dup p rus~~ terja.1D. Rvaluasi ~erhadap sistem 2-eJlgendaUan i ~rn tidak kalah pentingn ~ dari isteffi"""', tu_\ sen9,iri . . S atu sistem pengendalian i t e~ aka ~e . --menj~di ba jika ada evaluasi yang di ~¥an.. s~c pen.odik. O,.l;sh karena itu masalah yang diajuka~ daiam skr.ip~j. ini ae. lah "Analisis Sistem Pengendalian :'nt.e-rn Bag l.an Penj.u<i1a'Ii ada PT. Cipta Jasa Dwipa Sakti Sem _xan~ ~ Adapun perumusan dan emba~san masalah : - Apakah sistem pengendalian intern bagian penjualan pada PT. Cipta Jasa Dwipa Sakti sudah dilaksanakan dengan tepat sesuai t .eqrinya. . . . Metode pengumpul an data melalui wawancara, _ . Analisis terhadap data menggunakan t e knik anal isis data deskriptif kualitatif . Analisis permasalahan dilakukan dengan membandingkan antara teori yang didapat dari studi pustaka dengan praktek yang didapat dari penelitian lapangan . Dalam hal ini struktur organisasi perusahaan l sistem dan prosedur penjualan, praktek yang sehat serta pegawai yang cakap yang dijalankan PT. Cipta Jasa Dwipa Sakti dibandingkan dengan teori yang ada. Kemudian dari analis is yang dilakukan ini ditarik kesimpulan dan saran. iv Dari analisis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pengendalian intern penjualan yang dirancang perusahaan masih terdapat beberapa kelemahan antara lain : - Belum dipisahkannya fungsi peneatatan piutang dengan fungsi penerimaan kas untuk transaksi penj ualan non tunai. - Belum dipisahkannya fungsi operasi dengan fungsi penerimaan kas untuk transaksi penjualan tunai melalui Sales Executive. - Adanya praktek yang tidak sehat seperti dokumen-dokumen yang tidak bernomor urut tercetak. ~dapun saran untuk perusahaan : Pada prosedur penjualan seeara non tunai sebaiknya antara bag ian yang dilakukan penerimaan kas dengan bag ian yang mencatat piutang dipisahkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Budgetting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2016 03:15
Last Modified: 04 May 2016 03:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item