ANALISIS PENGARUH ANTARA PROMOSI, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI DI SWALAYAN PASARAYA SRI RATU PEMUDA SEMARANG SKRIPSI

Darmanto, Christian (2003) ANALISIS PENGARUH ANTARA PROMOSI, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI DI SWALAYAN PASARAYA SRI RATU PEMUDA SEMARANG SKRIPSI. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
98.30.3450 christian darmanto..COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
98.30.3450 christian darmanto..BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3450 christian darmanto..BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3450 christian darmanto..BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3450 christian darmanto..BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3450 christian darmanto..BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3450 christian darmanto..DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
98.30.3450 christian darmanto..LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABS1~RAKSI Saat ini dunia lIsaha senlakin berken1bang khususnya dibidang perdagangan, banyaknya bennunculan industi-industri retail seperti pasar s\valayan, departemen store, toko cceran tanra meninggalkan adanya pasar tradisional. Adanya industri retail ini dlharapkan dapal membcrikan kenyamanan, kepraktisan, serta memenuhi kebutuhan sehari-hari konsull1\!n. Dengan semakin banyaknya bernlunculannya pasar swalayan di k(lta Semarang ini sudah t('mtu ~kan mengakibatkan munculnya persaingan antara pasar S'A alayan satu dcngan pasar swalayan yang lain dalatn merebut dan mempertahankan konsulnennya. Oleh karena itu para pengusaha dituntut untuk lebih pintar dalan1 menerapkan strategi pemasaran yang tepat datam us aha merebut dan melnpertahankan konsumcnnya. Untuk Inengantisipasi persaingan di masa yang akan datang n1aka pasar swalayan Sri Ratu sebagai salah satu bagian dari bisnis retail memasarkan produknya dengan menempuh berbagai cara diantaranya dengan menjaga kualitas barang yang dijual, pcnctapan harga yang cfcktif, scrta mcnjaga ketersediaan barang. Berdasarkan hasil pra survei terhadap beberapa konsumen, ada beberapa variabel yang dianggap penting yang jadi pertimbangan konsumcn dalam memutuskan untuk melakukan pembelian di pasar swalayan. Hal ini tneliputi promosi, lokasi, dan harga. 01eh karena hal ini n1aka peneliti tertarik untuk Inelakukan penelitian yang berjudul: ,,' Analisis Pengaruh .Antara Promosi, Lokasi, Dan Barga Tcrhadap Keputusan Konsumen Untuk Melakukan Pcmbelian <Ii Swalayan Pasara,v3 Sri Ratu Pemuda Semarang. 4' Adapun perumusan masalah dalam penclitian ini adalah: Apakah ada pengaruh antara promosi, lokasi. dan harg~l terhadap keputusan konsumen utnuk membeli di swalayan Sri Ratu Pcmuda Scmarang.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pcgaruh aniara prolllosi, lokasi, dan harga dengan keputusan petnbelian konsutnen. T~ori-te,Jri yang digunakan dalan1 penelitian ini adatah: Pengertian Keputusan Pembelian, Pengertian Promosi, Pengertian Lokasi, Pengertian Harga, Pengertian Pasar Swalayan. Sedang h;pJtcsis yang diajukan adalah: adanya pengaruh yang signifikan antara promosi, lokasi, dan harga terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Populasi yang diteliti adalh konsumen yang pernah melakukan pembelian di swalayan Sri Ratu Pemuda Sen1arang. Besarnya sampel yang diambil dengan menggunakan teknik quota Salnpling yaitu sebesar 100 orang. Sedangkan pengambilan sampcl djlakuk~n dengal1 menggunakan teknik accidental sampling -dan P~ ~pling., Jenis data yang digunakan adalah data prin1er d?n met ode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Skala pengukuran data dalam penelitian ini menggunakan skala l.iket{. Hasil uji validitas dan reliabi~itas terhadap ~ ?rang responden dengan lhenggunakan a = 5 %) ( 0,05 ') menunjukkan bah\va data valid dan reliabel. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi linier berganda untuk n1engctahui besarnya pengaruh serta pengujian hipotesis dengan Jnenggunakan uji t dan uji F. 8edangka-r(untulu!!_~getahui besamya 3umbangan variabel promosi, lokasi, dan hargaa tcrhadap keputusan peTnbelian konsumen digunakan koefisien determinasi ( Rl ).Berdasarkan hasil pcrhitullgan dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa variabel lokasi ( t hitung = 5,662 ) terlihat paling rnempengaruhi keputusan pembelian daripada variabel promosi ( t hitung = 5,132 ) dan variabel harga ( t hitung = 4,842 ). Sedangkan besarnya sumbangan variabel pronlosi, lokasi, dan harga terhadap keputusan pembelian konsum~n !:'~besar 0,69354 atau sebesar 69,354 % sisanya dipengaruhi oleh variabel yang Jain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > Decision Making
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 May 2016 03:53
Last Modified: 04 May 2016 03:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item View Item