ANALISA RESPON REMAJA TERHADAP IKLAN ESKULINE COLOGNE GEL DI TELEVISI

Lestari, Puji (2003) ANALISA RESPON REMAJA TERHADAP IKLAN ESKULINE COLOGNE GEL DI TELEVISI. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
98.30.3418 puji lestari.COVER.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB I)
98.30.3418 puji lestari.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3418 puji lestari.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3418 puji lestari.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3418 puji lestari.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3418 puji lestari.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3418 puji lestari.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
98.30.3418 puji lestari.LAMPIRAN.pdf

Download (463kB)

Abstract

ABTRAKSI Sebuah perosahaan dalam memperkenalkan produknya kepada konsumen dituntut untuk melakukan kegiatan promosi. Dalam kegiatan promosi kesan yang diaampaikan kepada konsumen eliusahakan agar dapat tepat mengena pada S8saran konswnen yang ingin dirangkulnya. Promosi membantu yang belum mengenal pemah mengenal produk maupun yang telah'mengenal produk meI\iadi lebih mengenal produk tersebut. Salah satu unsur dalam bauran promosi adalah unsur iklan. IkIan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyampaikan informas~ membujuk serta mengingatkan konsumen akan produk yang dihasilkan oleh pelU88haan. Selain itu ikJan juga ber1Ungsi sebagai produk diferontiation terhadap produk-produk sejenis lainnya. Sehingga produscn dapat meneiptakan segmen pasar yang terpisah dari pesajngnya. Dalam pasar cologne yang telah memiliki tingkat persamgan tinggi muneul pendatang bam, Eskuline. Eskuline diluneurkan o1eh Grup Kino melalui PT Kinocare Era Kosmetindo Wltuk memasuki eeruk pasar cologne melalui inovasi produk da1am bentuk gel (jen) sementara produk merek lain masm melemparkan produknya dalam bentuk splash (eair), roolon, dan spray (semprot). Untuk memperkenalkan Eskuline kepada masyarakat, Grup Kino melakukan promosi melalui penayangan ildan secara genear pada tayangan televisi yang memi1iki rating bagus dan sesuai dengan segmen pasar Eskuline yaitu remaja. Selain itu untuk menghindari kebosanan remaja akan iklan yang ditayangkan, Eskulin hampir tiap 6 bulan sekali mengeluarkan i1dan daIam versi baru. Sampai saat ini Eskuline telah mengeluarkan ildan dalam 4 versi. Versi iklan Esku1ine yang terakhir mWlcul pada akhir bulan Januari 2003. Dalam iklan Eskuline yang terban1, Gnlp Kino melakukan pergantian model iklan, tema dan kemasan Eskuline. Untuk mengetahui respon yang chDerikan olch remaja terhadap iklan terbaru Eskuline eli televisi digunakan model komwUkasi AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Dengan mengetahui respon yang diberikan oleh remaja maka perusahaan dapat melakukan penllaian atas efektivitas iklan yang dilakukan dan dapat membuat kebijakan bani. Dalam penentian ini penuIis mengambil lokasi penelitian eli Unika Soegijapranata Semarang. A1asan pemiUhan lokasi ini adalah mona mahasiswa yang . ada di Unika bersifat heterogen baik dalam Jatar belakang lingkungan 80sial budaya maupun ekonomi. Sedangkan yang menjadi populasinya adalah mahasiswi fakultas ekonomi Unika Soegijapranata angkatan 2000 sampai 2002 yang beJjumlah 668 mahasiswi dan jumJah sampel yang diambil sebanyak 87 respondeD. Dempn menggunakan teknik stratified random· sampling dan sampeJnya ditentukan secara kebetulan (aceidentalsampling) untuk masing-masing strata. Maq akan diperolch sampel masing-masing angkatan adaJah 26 responden dari angkatan 2000, 29 responden dari angkatan 2001, dan 32 responden dari angkatan 2002. Dalam uji validitas dan reliabel kuesioner yang dilakukan pada 30 responden hasiJnya valid. Mahasiswi yang menjadi responden dalam penelitian ini 26 orang aflgkatan 2000, 28 orang angkatan 2001, dan 32 orang angkatan 2002. Berdasarkan usianya yaitu 20 taboo (36,78 %), kemudian 19 taboo (32, 18 %), 21 talum (28,73 %) dan 18 taboo (2,29 %). Berdasarkan hasil penelitian, tingkat attention responden dengan skor 350,4, berarti responden mengetabui Wan Eskuline. Untuk tingkat interest dengan skor 282 dapat dikatakan bahwa responden cukup tertarik dengan iklan Eskuline. Pada tingkat desire dengan skor 266, dapat dikatakan responden cukup ingin untuk mencoba dan memakai Eskuline. Terakhir untuk tingkat action dengan skor 256,67 , berarti responden cukup setuju lUltuk membeli, memakai dan menganjurkan Eskuline. Dilihat dati analisis model AIDA dalam penelitian ini, attention, interest,desire dan action terhadap ikIan Eskuline dapat dikatakan cukup tinggi. Ini dilihat dari skor rata-rata AIDA yaitu 288,1 yang berada dalam range tinggi dan cukup tinggi. Dengan penelitian ini penulis menyarankan agar dalam iklan Eskuline selanjutnya, Eskuline memperhatikan penampilan kemasan produk dalam iklannya agar pengetahuan (attention) remaja akan Eskuline naik dan Eskuline menggunakan musik (lagu) yang Iebih menari.k dan Iebih akrab di telingga remaja agar ketertarikan (interest) remaja meningkat Selain itu moogkin dengan memberikan tester atau contoh cologne akan meningkatkan keinginan (desire) rem~a untuk mencoba.Dengan adanya peningkatkan attention, interest, dan desire dari remaja maka action yang diberikan mereka memiliki peluang yang lebih besar ootuk meningkat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 May 2016 03:48
Last Modified: 04 May 2016 03:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8868

Actions (login required)

View Item View Item