Upaya Distributor PT. Surya Abadi Dalam Menjaga Relationship Jangka Panjang Dengan Produsen dan Perantara (Wholeseller dan Retailer)

WIJAYA, HENDY (2010) Upaya Distributor PT. Surya Abadi Dalam Menjaga Relationship Jangka Panjang Dengan Produsen dan Perantara (Wholeseller dan Retailer). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
06.30.0108 Hendy Wijaya COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB I)
06.30.0108 Hendy Wijaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0108 Hendy Wijaya BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0108 Hendy Wijaya BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0108 Hendy Wijaya BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text (BAB V)
06.30.0108 Hendy Wijaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0108 Hendy Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
06.30.0108 Hendy Wijaya LAMPIRAN.pdf

Download (107kB)

Abstract

PT. Surya Abadi merupakan salah satu usaha konveksi yang bergerak di bidang distributor. Distributor merupakan saluran yang penting dan menjembatani antara produsen dengan konsumen. Untuk itu dibutuhkan pengembangan jejaring dalam usaha konveksi ini. Maka penelitian ini akan membahas tentang upaya yang dilakukan oleh PT. Surya Abadi sebagai distributor dalam menjaga hubungan relationship jangka panjang dengan produsen dan perantaranya (wholeseller dan retailer). Berdasarkan latar belakang yang ada, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah relationship perusahaan dengan produsen pada usaha konveksi PT. Surya Abadi? (2) Bagaimanakah relationship perusahaan dengan perantara (wholeseller dan retailer) pada usaha konveksi PT. Surya Abadi? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui relationship perusahaan dengan produsen pada usaha konveksi PT. Surya Abadi. (2) Untuk mengetahui relationship perusahaan dengan perantara (wholeseller dan retailer) pada usaha konveksi PT. Surya Abadi. Obyek penelitian ini adalah PT. Surya Abadi yang berlokasi di Jl. Tlogosari Raya II, No. 24 dan bergerak di bidang distributor konveksi serta melayani grosir dan eceran. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dari hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) 1. Relationship perusahaan dengan produsen pada usaha konveksi PT. Surya Abadi : (a) Pembayaran : berdasarkan pada hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan pihak PT Surya Abadi dan konfirmasi dengan lima produsennya yaitu: PT Sinar Jaya, Kinar Jaya, Barokah, Surya Jaya, dan Pesona Indah, ternyata mereka menyatakan bahwa pembayaran dilakukan oleh pihak PT Surya Abadi secara tepat waktu baik secara tunai maupun kredit, meskipun jika ada tagihan order yang tertunda pada bulan berikutnya. (b) Komunikasi dan pertukaran informasi: komunikasi adalah ramah dan mereka selalu saling memberikan informasi misalnya jika ada barang terbaru dan kondisi perusahaan meskipun secara global saja, tidak kondisi masing-masing perusahaan secara privacy. (c) Penekanan biaya: adanya biaya yang cukup optimal, dalam arti ada beberapa produsen yang menanggung ongkos kirim, tetapi ada pula yang tidak, dan ada yang sesuai kesepakatan kedua belah pihak, atau ongkos ditanggung bersama. (d) Kesepakatan harga konsisten: dari hasil penelitian diketahui bahwa kesepakatan harga antara pihak PT Surya Abadi dan para produsennya selalu konsisten. (e) Saling menghargai: antara kedua belah pihak saling menghargai selama ini dan menghormati sehingga hubungan dapat berjalan dalam jangka panjang. (f) Memberikan informasi barang yang up to date dan informasi kenaikan harga: produsen selalu memberitahu pihak PT Surya Abadi jika ada barang baru yang datang dan ada kenaikan harga. (2) Relationship perusahaan dengan perantara (wholeseller dan retailer) pada usaha konveksi PT. Surya Abadi : (a) Pengiriman: berdasarkan pada hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan pihak PT Surya Abadi dan konfirmasi dengan lima perantaranya yaitu: Trio, Lares, Busana, Mitra Busana dan Sahabat, ternyata mereka menyatakan bahwa pembayaran dilakukan dengan tepat waktu. Meskipun ada keterlambatan tetapi masih dalam batas toleransi dan itu disebabkan karena jasa ekspedisi mengalami hambatan atau keterlambatan. (b) Sales pengalaman: perantara menyatakan bahwa sales ramah dan sopan serta berpengalaman dalam menyampaikan informasi kepada perantara, meskipun terkadang terjadi manipulasi order. Hal ini diindikasi ada kerja sama antara salesman dengan bagian gudang. (c) Komunikasi: selama ini komunikasi antara kedua belaj pihak terjalin dengan baik sehingga kondisi ini memungkinkan adanya hubungan baik dalam jangka panjang. (d) Adanya koneksi: pihak PT Surya Abadi memiliki koneksi luas sehingga memungkinkan pemasarannya semakin luas. (e) Layanan purna jual: selama ini PT Surya Abadi memiliki layanan purna jual yang baik dan memuaskan, misalnya melalui telepon menanyakan bagaimana order barang yang telah dikirim apakah telah sesuai order atau tidak dan bagaimana kualitas barangnya. (f) Komplain: jika ada keluhan ditanggapi dengan cepat, sehingga perantara merasa puas. (g) Memberikan informasi cepat dan akurat sesuai kebutuhan konsumen: para perantara menyatakan bahwa pihak PT Surya Abadi memberikan informasi dengan cepat dan akurat sehingga mereka merasa puas. Hal ini dilakukan pihak PT Surya Abadi dalam menjaga relationship dengan perantaranya dalam jangka panjang. Saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini antara lain adalah sebagai berikut: (1) Sebaiknya pihak PT Surya Abadi dapat melakukan perbaikan dalam sistem TO (Tagihan Order)-nya, jadi jika ada produsen yang TO-nya terlambat masih dapat dibayar pada bulan yang bersangkutan (misalnya ada pengunduran 7 hari berikutnya), dan tidak perlu menerima pembayaran dalam bulan berikutnya. (2) Pihak PT Surya Abadi dapat memonitor kerja salesnya dengan lebih ketat, sehingga sales tidak melakukan manipulasi order. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pengendalian internal perusahaan yaitu dalam hal order, stock, dan pembayaran. Dalam prakteknya dapat dilakukan dengan membuat kartu order untuk masingmasing sales, membuat kartu stock untuk bagian gudang, dan jika ada kekurangan antara stock dengan pembayaran yang dilakukan perantaranya, maka yang bertanggung jawab adalah salesman dan bagian gudang untuk mengganti rugi. (3) Sebaiknya perusahaan mempertahankan hubungannya dengan distributor dan perantaranya yang selama ini telah baik dan meningkatkan atau memperbaiki kelemahannya, sehingga di masa mendatang dapat semakin meningkatkan kinerja dan keuntungannya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 06:41
Last Modified: 02 May 2016 06:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item