Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Merek Pelanggan Kartu Pra Bayar ( Studi Kasus Pada Pemakai Kartu Pra Bayar XL Bebas di Kota Semarang )

SATRIO, YOHANES BIMO (2006) Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Merek Pelanggan Kartu Pra Bayar ( Studi Kasus Pada Pemakai Kartu Pra Bayar XL Bebas di Kota Semarang ). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
00.30.0174 Yohanes Bimo Satrio.COVER.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB I)
00.30.0174 Yohanes Bimo Satrio.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0174 Yohanes Bimo Satrio.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0174 Yohanes Bimo Satrio.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0174 Yohanes Bimo Satrio.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text (BAB V)
00.30.0174 Yohanes Bimo Satrio.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.30.0174 Yohanes Bimo Satrio.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini mengenai loyalitas merek pelanggan kartu parabayar XL Bebas dengan latar belakang bahwa perkembangan dunia usaha yang semakin ketat saat ini sangat mempengaruhi perubahan perilaku konsumen. Perubahan perilaku konsumen tersebut antara lain semakin meningkatnya kebutuhan konsumen. Keadaan ini merupakan penunjang bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya dan mendorong para pengusaha untuk berlomba menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam menghadapi persaingan, perusahaan berusaha untuk membuat sesuatu yang dapat membedakan produk perusahaan dengan produk perusahaan lain. Hal dasar yang dilakukan perusahaan untuk membedakan produknya dengan produk perusahaan lain adalah dengan memberi merek pada produknya. Karena itu merek menjadi sangat penting dalam kegiatan pemasaran, dan perlu dipertimbangkan sebagai sesuatu keunggulan yang dapat membuat perusahaan memenangkan persaingan. Selain itu perusahaan juga dituntut efisiensi dan efektivitas yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan konsumennya sehingga produknya mudah dijangkau dan didapat. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan memberikan produk yang bermutu baik, harganya lebih murah, penyerahan produk yang lebih cepat, dan pelayanan yang lebih baik dibanding pesaingnya. Teknologi komunikasi yang sekarang ini menjadi trend dikalangan masyarakat adalah telepon seluler, yang lebih dikenal dengan istilah handphone atau ponsel. Untuk mengaktifkan ponsel diperlukan SIM Card. SIM Card atau kartu SIM yang digunakan pada ponsel GSM itu sendiri dapat dibedakan menjadi dua yang berhubungan dengan sistem pembayaran yaitu kartu SIM Pra Bayar dan kartu SIM Paska Bayar. Kartu SIM Pra Bayar adalah kartu ponsel yang menggunakan sistem pembelian kartu perdana yang selanjutnya pelanggan harus membeli voucher isi ulang yang sudah disediakan atau pembayaran pemakaian telepon di depan. Kartu SIM Paska Bayar adalah kartu ponsel yang mengharuskan konsumennya untuk berlangganan ke salah satu operator GSM dengan kewajiban membayar abonemen dan pulsa yang ditagihkan pada bulan berikutnya dan bulan pemakaian. Selain itu pelanggan tidak perlu melakukan pengisian ulang pulsa jika sudah habis masa waktu penggunaannya. Saat ini di Indonesia terdapat empat operator ponsel GSM, yaitu PT. Telkomsel, PT. Indosat, PT. Excelcomindo Pratama, dan PT. Bakrie Telekomunikas. Untuk menghadapi persaingan, mereka berusaha menarik konsumen dengan memberikan fasilitas dan pelayanan tersendiri khususnya pada kartu prabayar yang banyak digunakan. PT. Telkomsel dengan Simpati dan kartu AS, PT. Indosat dengan produk Kartu Pra Bayar Mentari dan IM3. PT. Excelcomindo Pratama dengan Jempol dan Pro XL Bebas sedangkan PT. Bakrie Telekomunikasi dengan Esia. Menyadari arti pentingnya konsumen dan mengingat banyaknya kartu prabayar yang saat ini juga tenga dan selalu mengadakan promosi untuk menarik minat dan kesetiaan konsumen untuk menggunakan satu kartu prabayar maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan mengambil judul penelitiaN “Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Merek Pelanggan Kartu Pra Bayar” (Studi Kasus Pada Pemakai Kartu Pra Bayar XL Bebas di Kota Semarang). Berdasarkan latar belakang dapat diketahui pertimbangan konsumen dalam memilih pengunaan kartu prabayar XL Bebas dimana semua pertimbangan konsumen mengacu pada atribut produk yang merupakan fasilitas dari kartu prabayar serta merek kartu prabayar itu sendiri sehingga perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh atribut produk terhadap loyalitas merek kartu XL Bebas diukur melalui penilaian konsumen .Pembatasan masalah dalam penelitian didasarkan pada atribut produk yang merupakan failitas kartu pra bayar yang menjadi pertimbangan konsumen berdasarkan hasil prasurvey yang meliputi fitur, jangkauan sinyal, harga perdana, kemasan, SPG, tariff antara operator, tarif sesama operator dan keterkenalan merek. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap loyalitas merek pelanggan kartu pra bayar XL Bebas dengan manfaat yang ditujukan bagi perusahaan dan bagi peneliti. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang mendukung penelitian diantaranya pengertian atribut produk, definisi merek, loyalitas merek, dan pengukuran brand loyaltyI. Selain itu digambarkan pula kerangka pikir penelitian beserta definisi opersional dan hipotesisi yang akan diuji. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif melalui skala likert dan rentang skala untuk ualitatif dan regresi berganda untuk kuantitatif dimana berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa atribut yang memberikan pengaruh yang signifikan adalah tarif dan keterkenalan merek sementara atribut yang tidak memberikan pengaruh signifikan adalah fitur, sinyal, harga, kemasan dan SPG.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:26
Last Modified: 26 Apr 2016 05:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8712

Actions (login required)

View Item View Item