IDENTIFIKASI PENGEMBANGAN USAHA AYAM GORENG ”NIKMAT” MENURUT TEORI STALEY DAN MORSE

SANTOSO, YOSSY (2010) IDENTIFIKASI PENGEMBANGAN USAHA AYAM GORENG ”NIKMAT” MENURUT TEORI STALEY DAN MORSE. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
06.30.0016 Yossy Santoso COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text (BAB I)
06.30.0016 Yossy Santoso BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (BAB II)
06.30.0016 Yossy Santoso BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (BAB III)
06.30.0016 Yossy Santoso BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (BAB IV)
06.30.0016 Yossy Santoso BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text (BAB V)
06.30.0016 Yossy Santoso BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0016 Yossy Santoso DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
06.30.0016 Yossy Santoso LAMPIRAN.pdf

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pengembangan usaha Ayam Goreng Nikmat ini dengan Teori pengembangan usaha menurut Staley dan Morse dan untuk mengetahui alternatif pengembangan usaha Ayam Goreng Nikmat agar dapat bersaing dengan usaha Ayam Goreng lainnya. Obyek penelitian ini adalah Ayam Goreng Nikmat bertempat di Semarang. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini berasal dari responden yaitu pemilik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara. Selain itu juga dilakukan pengumpulan data dengan metode observasi. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Alternatif pengembangan usaha pada Ayam Goreng Nikmat sesuai dengan teori Johnson and Scoles dilakukan dengan menambah menu masakan baru, meningkatkan frekuensi dan jenis promosi, membuka resto, dan menambah anak cabang. (2) Menurut teori Staley and Morse, pengembangan usaha pada Ayam Goreng Nikmat adalah sebagai berikut: berkaitan dengan sifat produk Ayam Goreng Nikmat terkait dengan aspek fisik produk dengan aspek engineering produk (ayam goreng, ayam bakar) proses pembuatannya dapat dibuat dengan bantuan mesin, yaitu saat memblender bumbunya, maupun saat akan membakar ayam tersebut, kemudian terkait dengan produk memerlukan ketrampilan dan keterlibatan tinggi adalah karyawan yang direkrut dan diterima adalah karyawan yang memiliki ketrampilan tinggi, dalam memproduksi hanya membuat produk dalam skala kecil, ongkos transportasi atau delivery ini untuk dalam kota adalah bebas biaya dan untuk luar kota dikenakan biaya. Berkaitan dengan sifat/dinamika usaha: Hubungan antara pemilik dengan karyawan selama ini terjalin dengan baik, fleksibilitas usaha yaitu dapat dilakukan dalam satu tempat dengan kegunaan yang berbeda-beda sehingga meminimalkan ongkos tidak langsung, pelayanannya memang baik kepada konsumen (karyawan ramah dan sopan), adanya respon yang cepat terhadap perkembangan inovasi menu, penyediaan fasilitas penunjang yang lain, seperti desain resto yang unik ataupun dalam hal pelayanannya. (3) Dengan cara pengembangan usaha menurut Teori Staley and Morse akan mendukung alternatif pengembangan usaha menurut Teori Johnsons and Scholes sehingga di masa mendatang dimungkinkan adanya pengembangan produk dan perluasan pasar untuk Ayam Goreng “Nikmat” ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 05:51
Last Modified: 02 May 2016 05:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8668

Actions (login required)

View Item View Item