ANALISIS PERBEDAAN MOTIVASI MAHASISWA BERDASARKAN GENDER DAN PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DOSEN TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA MENGIKUTI KULIAH PENGGANTI

CAHYASARI, IGNATIA YOKO (2010) ANALISIS PERBEDAAN MOTIVASI MAHASISWA BERDASARKAN GENDER DAN PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DOSEN TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA MENGIKUTI KULIAH PENGGANTI. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.30.0003 Ignatin Yoko Cahyasari COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.30.0003 Ignatin Yoko Cahyasari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0003 Ignatin Yoko Cahyasari BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0003 Ignatin Yoko Cahyasari BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0003 Ignatin Yoko Cahyasari BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text (BAB V)
06.30.0003 Ignatin Yoko Cahyasari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0003 Ignatin Yoko Cahyasari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi mahasiswa dalam mengikuti kuliah pengganti berdasarkan gender dan gaya kepemimpinan dosen. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 88 mahasiswa. Pada landasan teori dijelaskan tentang konsep yang digunakan dan definisinya. Ada beberapa konsep dalam landasan teori yaitu definisi motivasi, teori ERG (Existence, Relatedness, dan Growth), gender, dan kepemimpinan. Selain itu, dikemukakan pula kerangka pikir dan definisi operasional. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pada hasil dan pembahasan dikemukakan mengenai hasil penelitian yaitu tentang gambaran umum responden, berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar responden adalah perempuan dari fakultas ekonomi jurusan manajemen Universitas Katolik Soegijapranata Semarang pada angkatan tahun 2006 hingga angkatan tahun 2008 sebesar 50 orang. Sedangkan faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa mengikuti kuliah pengganti adalah kondisi tubuh yang fit, adanya responsi atau tes kecil saat kuliah pengganti, adanya absensi kehadiran mahasiswa, adanya tugas atau kewajiban yang harus dilakukan mahasiswa saat kuliah pengganti (misalnya presentasi kelompok), adanya pengambilan nilai secara individu yang dilakukan oleh dosen pengampu pada saat kuliah pengganti, serta adanya keinginan agar tidak ketinggalan materi kuliah. Selain itu, dari hasil analisis deskriptif kuantitatif, ditemukan bahwa faktor yang paling memotivasi mahasiswa dalam mengikuti kuliah pengganti jika dikaitkan dengan teori ERG (Existence, Relatedness, dan Growth) adalah kebutuhan eksistensi (|Existence). Gaya kepemimpinan dosen pengampu Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dilihat dari tanggapan responden termasuk ke dalam gaya memberitahu. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Mann Whitney-Test, didapat hasil bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi mahasiswa mengikuti kuliah pengganti berdasarkan gender. Sedangkan, dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisis regresi, didapat hasil bahwa tidak terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan dosen pengampu terhadap motivasi mahasiswa dalam mengikuti kuliah pengganti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
300 Social Sciences > 303 Leadership
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 05:47
Last Modified: 02 May 2016 05:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8657

Actions (login required)

View Item View Item