PENGARUH ELEMEN PADA MEDIA KOMUNIKASI VISUAL (SEBAGAI BENTUK TERAPI) TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK AUTIS

Indri H., Avila Ria (2015) PENGARUH ELEMEN PADA MEDIA KOMUNIKASI VISUAL (SEBAGAI BENTUK TERAPI) TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK AUTIS. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.13.0018 AVILIA RIA INDRI HAYUNINGRUM cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.13.0018 AVILIA RIA INDRI HAYUNINGRUM bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB II)
11.13.0018 AVILIA RIA INDRI HAYUNINGRUM bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB III)
11.13.0018 AVILIA RIA INDRI HAYUNINGRUM bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
11.13.0018 AVILIA RIA INDRI HAYUNINGRUM bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB V)
11.13.0018 AVILIA RIA INDRI HAYUNINGRUM bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0018 AVILIA RIA INDRI HAYUNINGRUM daftar pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.13.0018 AVILIA RIA INDRI HAYUNINGRUM lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya, anak autis terlihat sangat berbeda dibanding dengan anakanak lain pada umumnya. Berbagai bentuk gangguan yang dapat dilihat seperti kesulitan dalam komunikasi dua arah, sosialisasi yang kurang, cenderung asyik pada diri sendiri, gangguan pada perilaku, temper tantrum, dan lainnya. Berbagai bentuk pendidikan formal maupun non formal diberikan untuk anak autis melalui orangtua dan terapis yang memahami bentuk pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi anak autis. Berdasar pada kemampuan visual pada anak autis yang lebih besar dibanding kemampuan verbal, maka mulai banyak diterapkannya terapi visual yang melibatkan beberapa elemen media komunikasi visual seperti gambar atau foto, warna, bentuk, dan lainnya. bahkan bentuk terapi ini terbukti mampu membantu “kesembuhan” anak autis juga konsentrasi belajarnya. Beberapa tempat yang menjadi lokasi penelitian yaitu Pusat Terapi Pelangi Kasih YPL, Talenta, Talitakum, dan Anargya menggunakan metode belajar banyak melibatkan gambar, warna, dan elemen media komunikasi visual lainnya melalui media kartu visual. Dalam hal ini, metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui observasi, wawancara, video log, dan kuesioner. Penelitian ini dilakukan terhadap 12 orang terapi sebagai informan dan 8 orang anak autis sebagai subjek observasi. Hasil di lapangan menunjukkan bahwa kartu visual mampu membantu meningkatkan konsentrasi belajar anak melalui pemahaman visual yang membantu pemahaman terhadap pengenalan objek-objek tertentu. Hal tersebut didukung oleh pengalaman keseharian anak ketika melihat objek yang sama dengan yang ada pada kartu yang kemudian ditanamkan dalam benak pikiran anak. Selain itu jenis gambar yang serupa atau sama dengan objek asli, baik dengan menggunakan ilustrasi maupun foto yang mampu membantu pemahaman visual anak autis. Untuk membantu hal tersebut, sangat diperlukan peran serta orangtua dan keluarga untuk mendukung kemajuan pada anak autis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 610 Medicine and health > 616 Diseases > Autism
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 03 Dec 2015 01:39
Last Modified: 03 Dec 2015 01:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6491

Actions (login required)

View Item View Item