ANALISIS BRAND ARCHITECTURE MENGGUNAKAN PENDEKATAN DAVE DUNN 2004 PADA BISNIS SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA SEMARANG

Luhur, Michelle Angelia (2014) ANALISIS BRAND ARCHITECTURE MENGGUNAKAN PENDEKATAN DAVE DUNN 2004 PADA BISNIS SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
10.30.0007 Michelle Angelia Luhur COVER.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.30.0007 Michelle Angelia Luhur BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0007 Michelle Angelia Luhur BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0007 Michelle Angelia Luhur BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0007 Michelle Angelia Luhur BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0007 Michelle Angelia Luhur BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.30.0007 Michelle Angelia Luhur DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
10.30.0007 Michelle Angelia Luhur LAMPIRAN.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Pada jaman sekarang ini, perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Terdapat banyak peralatan elektronik yang diciptakan untuk membantu seseorang di dalam menyelesaikan banyak kegiatan. Termasuk di dalamnya adalah peralatan elektronik yang merupakan pengembangan dari handphone, yaitu smartphone. Dalam beberapa tahun belakangan ini, ada begitu banyak merek smartphone yang bermunculan di pasar untuk menjawab kebutuhan atau bahkan keinginan konsumen. Untuk itu, apabila sebuah perusahaan smartphone ingin terus eksis, maka perusahaan tersebut diharuskan untuk bersaing dengan merek lainnya. Atau dengan kata lain, merek berperan penting di dalam suksesnya sebuah bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana strategi brand architecture smartphone Samsung di Kota Semarang menggunakan pendekatan Dave Dunn 2004. Strategi brand architecture untuk setiap kota adalah berbeda. Hal-hal yang menyebabkan perbedaan tersebut antara lain adalah tingkat ekonomi dari masing-masing kota, apakah kota tersebut merupakan kota yang maju, seberapa tinggi tingkat konsumsi masyarakat di kota tersebut, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan dengan mengeksplorasi persepsi dan membandingkan antara persepsi perusahaan smartphone Samsung dan pengguna smartphone Samsung mengenai strategi brand architecture smartphone Samsung yang dilakukan di Kota Semarang. Untuk itu, pengumpulan data diperoleh dengan dua cara, yaitu wawancara dengan pihak Samsung yang berada di divisi smartphone dan juga dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 orang pengguna smartphone Samsung yang ada di Kota Semarang. Ke-30 pengguna tersebut kemudian dibagi menjadi dua bagian yaitu 15 orang yang merupakan maniak dalam dunia gadget dan 15 orang lainnya adalah pengguna smartphone biasa. Untuk menganalisis hasil penelitian ini, peneliti menggunakan dua cara pula, yaitu analisis deskriptif untuk hasil wawancara dengan pihak Samsung dan juga menggunakan analisis frekuensi yang kemudian diinterpretasikan baik secara single table maupun crosstabulation untuk hasil kuesioner dari ke-30 responden. Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa masih terdapat gap persepsi antara pihak manajemen Samsung dan responden terkait Brand Packaging dan Brand Credentials smartphone Samsung di Kota Semarang. Kata kunci : brand architecture, smartphone

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 27 Aug 2015 11:25
Last Modified: 27 Aug 2015 11:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item