ANALISIS PENGARUH KINERJA PROFITABILITAS CORPORATE GOVERNANCE, DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP PENCIPTAAN NILAI PASAR PERUSAHAAN

YOVITA, LENNI (2011) ANALISIS PENGARUH KINERJA PROFITABILITAS CORPORATE GOVERNANCE, DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP PENCIPTAAN NILAI PASAR PERUSAHAAN. Masters thesis, PROGDI MAGISTER SAINS MANAJEMEN SEOGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.90.0012 Lenni Yovita COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.90.0012 Lenni Yovita BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.90.0012 Lenni Yovita BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.90.0012 Lenni Yovita BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.90.0012 Lenni Yovita BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
09.90.0012 Lenni Yovita BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.90.0012 Lenni Yovita DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
09.90.0012 Lenni Yovita LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja profitabilitas, Corporate Governance, dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai pasar perusahaan. Indikator yang digunakan masing-masing variaheI adalah :(1) VariaheI Independen, yaitu ROA (Return On Assets), ROE (Return On Equity), CGPI (Corporate Governance Perception Index), dan CSRI (Corporate Social Responsibility Index), (2) Variabel Dependen, yaitu pertumbuhan nilai pasar perusahaan (Market Value Added growth). Dengan menggunakan sampeJ perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan CGPI tahun 2007- 2010 pada periode survei tabun 2006-2009, diperoleh 40 perusahaan sampel. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, dapat disimpulkan bah\va dengan menggunakan tingkat signifikansi 50/0, hanya kinerja profitabilitas yang diukur dengan ROA saja yang secara statistik signifikan berpengaruh terhadap penciptaaan nilai pasar (Atfl 'AglO wlh) , sedangkan indikator lainnya, yaitu ROE secara statistik tidak signifikan. Begitu juga variabellain, yaitu Corporate Govenlanee perusabaan (CGPI), dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSRI) juga tidak menunjukkan signitlkansi. Wa[aupun demikian, kelima indikator mempunyai arah hubungan yang positif terhadap nilai pasar perusahaan Implikasi penelitian ini adalah : (1) dapat memberikan bukti empiris mengenai proses penciptaan nilai pasar dan memperkilat teon yang berkaitan dengan penciptaan nilai pasar, yaitu Teori Sinyal, Shareholder Value Creation), dan Teori Keagenan, (2) memberikan gamharan aplikatif penciptaan oi lal pasar perusahaan herkesimbungan dengan mencapai kinerja profitabilitas yang menjadi target menjadi target bersama antara pemegang sabam dan pihak manajemen, penerapan Good Cornorate Governance serta melakukan aksi tanggung jawab sosial yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 725 Public structures > Recreation facilities
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mrs. Frederika Kristin
Date Deposited: 12 Oct 2015 01:57
Last Modified: 12 Oct 2015 02:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item View Item