STUDI MOTIVASI, PERSEPSI DAN KONSUMSI MINUMAN ENERGI SERBUK DI KALANGAN KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT KURNIA ADIJAYA MANDIRI SEMARANG

SARI, DIAN ISMAYA MARTIKA (2015) STUDI MOTIVASI, PERSEPSI DAN KONSUMSI MINUMAN ENERGI SERBUK DI KALANGAN KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT KURNIA ADIJAYA MANDIRI SEMARANG. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
07.70.0148 Dian Ismaya Martika Sari COVER.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.70.0148 Dian Ismaya Martika Sari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
07.70.0148 Dian Ismaya Martika Sari BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
07.70.0148 Dian Ismaya Martika Sari BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
07.70.0148 Dian Ismaya Martika Sari BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text (BAB V)
07.70.0148 Dian Ismaya Martika Sari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.70.0148 Dian Ismaya Martika Sari DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07.70.0148 Dian Ismaya Martika Sari LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)

Abstract

Minuman energi merupakan minuman yang mengandung satu atau lebih bahan yang mudah dan cepat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan energi dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan. Saat ini minuman energi menjadi pilihan yang praktis karena diklaim mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan stamina yang tinggi saat bekerja, berolahraga atau aktivitas-aktivitas yang memerlukan konsentrasi yang tinggi. Minuman energi serbuk merupakan minuman energi yang paling banyak dikonsumsi oleh karyawan bagian produksi karena harganya yang terjangkau. Namun, konsumsi minuman energi masih menimbulkan kontroversi terkait dengan manfaat dan efek samping yang ditimbulkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat konsumsi minuman energi serbuk dan tingkat pengetahuan minuman energi serbuk, iklan, peer group, motivasi, perilaku konsumsi serta persepsi klaim. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei terhadap 89 orang karyawan bagian produksi di PT Kurnia Adijaya Mandiri Semarang. Surevi dilakukan dengan cara pengisian kuesioner. Isi dari kuesioner meliputi identitas responden, pengetahuan tentang minuman energi serbuk, iklan dan peer group, motivasi mengkonsumsi, perilaku konsumsi, dan persepsi klaim mengenai minuman energi. Data kuesioner yang diperoleh diuji korelasinya menggunakan analisa Kendall tau b. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan berusia 25–29 tahun dengan pendidikan terakhir SMA dan sebagian besar juga sudah berstatus menikah. Merek minuman energi yang paling banyak dikonsumsi oleh karyawan PT Kurnia Adijaya Mandiri Semarang adalah M-150 dan sebagian besar dari mereka mengeluarkan uang sebanyak Rp 11.000 hingga Rp 20.000 setiap bulan untuk membeli minuman energi serbuk. Sebagian besar karyawan PT Kurnia Adijaya Mandiri Semarang menyatakan bahwa mereka sudah mengkonsumsi minuman energi serbuk dalam jangka waktu 1-3 bulan dan jumlah minuman energi serbuk yang dikonsumsi setiap harinya sebanyak 1 sachet. Hasil korelasi menunjukkan bahwa konsumsi minuman energi sebelum dan sesudah beraktivitas berhubungan positif dengan durasi konsumsi. Sedangkan, persepsi klaim mengenai efek samping berhubungan negatif terhadap jumlah minuman energi serbuk yang dikonsumsi oleh responden.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Additives
Depositing User: Mrs Fransiska Septiana
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:57
Last Modified: 25 Aug 2015 08:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item