EFEK METODE PRIMING DALAM MENINGKATKAN INISIASI SPONTAN ANAK AUTIS TERHADAP TEMAN SEBAYA

WAHYUNI, UTAMI TRIE (2009) EFEK METODE PRIMING DALAM MENINGKATKAN INISIASI SPONTAN ANAK AUTIS TERHADAP TEMAN SEBAYA. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
07.92.0122 Utami Trie Wahyuni COVER.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.92.0122 Utami Trie Wahyuni BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
07.92.0122 Utami Trie Wahyuni BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
07.92.0122 Utami Trie Wahyuni BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
07.92.0122 Utami Trie Wahyuni BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text (BAB V)
07.92.0122 Utami Trie Wahyuni BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.92.0122 Utami Trie Wahyuni DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
07.92.0122 Utami Trie Wahyuni LAMPIRAN.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efek dari metode priming dapat meningkatkan inisiasi spontan anak autis terhadap teman sebayanya. Subyek penelitian ini adalah seorang anak autis dengan usia 6 tahun dan belum memiliki inisisasi spontan terhadap teman sebaya. Anak autis jarang untuk mempunyai inisiasi sosial terhadapa teman sebayanya, Metode priming adalah suatu metode intervensi yang berisi tuntutan yang rendah, sesi penguatan yang tinggi di dalam aktivitas di sekolah yang digunakan untuk meningkatkan inisiasi spontan anak autis terhadap teman sebayannya di sebuah lembaga prasekolah. Penelitianini menggunakan model rancangan kasus tunggal dengan desain AB dimana A merupakan baseline dan B merupakan treatment dari metode priming yang terdiri dari 4 tahap yaitu activity sessions (sesi aktivitas). Priming sessions (sesi priming), whole class sessions and reduce priming sessions. Setelah baseline, teman sebayanya dilatih untuk melakukan inisiasi sosial secara langsung kepada anak autis. Guru memberikan prompt untuk mendekatkan anak-anak ini dalam berinteraksi sosial ketika memang perlu dan diberikan reinforcement positif berupa reward sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima dimana metode priming dapat meningkatkan inisiasi spontan anak autis terhadap teman sebayanya,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects:
> 610 Medicine and health
> 610 Medicine and health > 616 Diseases > Autism
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Oct 2015 01:46
Last Modified: 05 Oct 2015 01:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item