GAME VERSE HEROES THE JUDGES SEBAGAI SARANA PENGENALAN TOKOH DAN MENINGKATKAN MINAT BACA ALKITAB

KRISHANTO, YOSHUA ADENANDYA (2024) GAME VERSE HEROES THE JUDGES SEBAGAI SARANA PENGENALAN TOKOH DAN MENINGKATKAN MINAT BACA ALKITAB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
23.N1.0032 - YOSHUA ADENANDYA KRISHANTO - COVER_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
23.N1.0032 - YOSHUA ADENANDYA KRISHANTO - BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
23.N1.0032 - YOSHUA ADENANDYA KRISHANTO - BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
23.N1.0032 - YOSHUA ADENANDYA KRISHANTO - BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
23.N1.0032 - YOSHUA ADENANDYA KRISHANTO - BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
23.N1.0032 - YOSHUA ADENANDYA KRISHANTO - BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
23.N1.0032 - YOSHUA ADENANDYA KRISHANTO - DAPUS_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
23.N1.0032 - YOSHUA ADENANDYA KRISHANTO - LAMPIRAN_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Umat Kristen menggunakan Alkitab sebagai Kitab Suci mereka baik itu Kristen Protestan dan Kristen Katolik. Adapun membaca Alkitab secara teratur berguna sebagai sarana pertumbuhan iman setiap individu umat Kristen. Namun nyatanya masih banyak umat Kristen tidak membaca Alkitab secara teratur sehingga disamping keimanan mereka kurang bertumbuh, tidak sedikit juga yang kurang mengenal tokoh-tokoh Alkitab apalagi tokoh-tokoh yang kurang populer seperti hakim-hakim. Berdasarkan survei yang dilakukan LifeWay Research yang mengambil sampel 2.930 responden umat Kristen, hanya 19% yang mengaku membaca Alkitab secara teratur setiap hari. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 81% umat Kristen tidak membaca Alkitab dengan teratur. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya antara lain: rendahnya minat membaca itu sendiri, rasa bosan, kurangnya persuasi dari lingkungan baik keluarga maupun gereja, kesan yang salah terhadap Alkitab, serta persepsi yang tidak membangun. Padahal membaca dan mempelajari Alkitab merupakan kegiatan yang memiliki dampak paling besar terhadap pertumbuhan Rohani. Metode untuk mengetahui isi Alkitab yang umum adalah membaca, baik dalam bentuk buku atau aplikasi Alkitab yang dapat diakses via online pada perangkat Smartphone maupun Komputer/PC. Sedangkan bagi masyarakat sekarang minat untuk membaca itu sendiri sudah kurang. Untuk itu diperlukan metode lain untuk meningkatkan minat membaca Alkitab agar penyampaian isi Alkitab dapat diminati oleh umat Kristen. Oleh karena itu, dengan dibuatnya game “Verse Heroes The Judges” yang memuat materi mengenai tokoh Hakim-hakim dalam Alkitab diharapkan dapat membantu pemainnya meningkatkan minat membaca Alkitab. Dipilihnya game sebagai sarana pembantu yaitu agar pemain dapat bermain sambil belajar. Selain itu, game edukasi juga merupakan dapat menjadi sarana belajar sekaligus mendorong minat membaca yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:33
Last Modified: 05 Jul 2024 01:33
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35858

Actions (login required)

View Item View Item