PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN INDIHOME AKIBAT TERJADINYA GANGGUAN JARINGAN INTERNET DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. TELKOM WITEL SEMARANG)

PUTRA, RAIHAN DWI (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN INDIHOME AKIBAT TERJADINYA GANGGUAN JARINGAN INTERNET DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. TELKOM WITEL SEMARANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
17.C1.0110 - RAIHAN DWI PUTRA - COVER_a.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
17.C1.0110 - RAIHAN DWI PUTRA - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
17.C1.0110 - RAIHAN DWI PUTRA - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
17.C1.0110 - RAIHAN DWI PUTRA - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
17.C1.0110 - RAIHAN DWI PUTRA - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
17.C1.0110 - RAIHAN DWI PUTRA - DAFTAR PUSTAKA_a.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
17.C1.0110 - RAIHAN DWI PUTRA - LAMPIRAN_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul ‘’PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN INDIHOME AKIBAT TERJADINYA GANGGUAN JARINGAN INTERNET DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. TELKOM WITEL SEMARANG)’’ dilatabelakangi telekomunikasi di Indonesia, terutama melalui layanan IndiHome PT. Telkom, kini menjadi kebutuhan pokok masyarakat. IndiHome, dengan teknologi fiber optik, menawarkan internet berkecepatan tinggi, UseeTV cable, dan telepon rumah kepada sekitar 4 juta pelanggan nasional. Konsumen dapat mendaftar langsung di kantor Plaza Telkom Semarang atau melalui aplikasi My IndiHome. Layanan ini berdasarkan kontrak baku yang mengatur hak dan kewajiban antara konsumen dan PT. Telkom. Meskipun kontraktual, masih ada kekurangan pemahaman konsumen tentang hak perlindungan, terutama terkait gangguan jaringan internet. Dibutuhkan pendidikan konsumen lebih lanjut mengenai perlindungan hukum, terutama dalam konteks IndiHome dan kebijakan perlindungan konsumen PT. Telkom. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen indihome oleh PT. Telkom atas gangguan jaringan internet dan Apa kendala perlindungan hukum terhadap konsumen indihome oleh PT. Telkom apabila terjadi gangguang internet. Hasil Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dan analisis dilakukan secara kualitatif tanpa menggunakan suatu perhitungan secara matematis. Sumber data diperoleh berdasarkan hasil pengumpulan data di lapangan dengan teknik wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen Indihome akibat terjadinya gangguan jaringan internet yang ditinjau berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dapat diselesaikan dengan dua cara yaitu perlindungan hukum preventif dan represif. Perlindungan hukum preventif yaitu Perlindungan yang diberikan dengan tujuan untuk mencegah sebelum terjadinya pelanggaran yaitu dengan adanya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Kontrak Baku Berlangganan Indihome, sedangkan Perlindungan hukum represif merupakan perlindungan akhir apabila sudah terjadi sengketa atau telah dilakukan suatu pelanggaran (terjadinya gangguan jaringan internet), adalah dengan adanya musyawarah, memberikan kompensasi/ganti rugi sesuai dengan kesepakatan para pihak, dan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menyelesaikan masalahnya melalui Pengadilan Negeri/Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen apabila tidak puas dengan hasil musyawarah. Kompensasi yang diberikan PT. Telkom biasanya bukan berupa uang, melainkan dalam bentuk benefit seperti diberikan diskon atau gratis pemakaian dibulan berikutnya. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Gangguan internet, PT. Telkom Semarang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Consumer law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 16 May 2024 02:38
Last Modified: 16 May 2024 02:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35496

Actions (login required)

View Item View Item