SCOPING REVIEW: PEMETAAN TEKNIK PENGADAAN, JENIS DAN PENGOLAHAN SERANGGA KONSUMSI (EDIBLE INSECT) DAN TANTANGAN KEMANAN PANGANNYA

YUNITA, HANA LINDA (2024) SCOPING REVIEW: PEMETAAN TEKNIK PENGADAAN, JENIS DAN PENGOLAHAN SERANGGA KONSUMSI (EDIBLE INSECT) DAN TANTANGAN KEMANAN PANGANNYA. Masters thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
20.I3.0009 - HANA LINDA YUNITA - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20.I3.0009 - HANA LINDA YUNITA - BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.I3.0009 - HANA LINDA YUNITA - BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.I3.0009 - HANA LINDA YUNITA - BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.I3.0009 - HANA LINDA YUNITA - BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.I3.0009 - HANA LINDA YUNITA - DAPUS_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20.I3.0009 - HANA LINDA YUNITA - LAMPIRAN_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)

Abstract

ABSTRAK Dimasa depan, permintaan konsumsi daging karena kandungan proteinnya diprediksi akan meningkat sebanyak 70% oleh karena peningkatan populasi. Tantangan utama yang akan dihadapi yaitu bagaimana menghasilkan lebih banyak makanan tanpa menggunakan lebih banyak lahan dan mampu menurunkan emisi CO2. Food and Agricultural Organization (FAO) menunjukkan perlunya memanfaatkan sumber protein alternatif seperti serangga. Di berbagai belahan dunia sudah banyak yang menggunakan serangga sebagai makanan manusia. Seiring dengan meningkatnya pengakuan dan pentingnya kesadaran terhadap serangga yang dapat dikonsumsi dalam hal nutrisi, terdapat kekhawatiran terhadap keamanannya, Potensi bahaya keamanan pangan yang terkait pada serangga konsumsi antara lain bahaya kimia termasuk allergen dan bahaya mikrobiologi. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan perilaku entomofagi di lima benua dengan berbagai jenis pengolahannya dan tantangan keamanan pangannya. Scoping review dilakukan dengan menggunakan metode Prisma Extension for Scoping Reviews (PRISMA-ScR) dengan tahapan mengidentifikasi dan merumuskan masalah dilanjutkan dengan mengumpulkan dan menyeleksi jurnal untuk dilakukan analisa hingga diperoleh kesimpulan dan saran untuk penelitian selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entomofagi sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia. Masyarakat di Benua Asia dan Afrika mengkonsumsi serangga yang terlihat bentuk aslinya dengan proses seperti digoreng, direbus, dan dikukus. Sedangkan masyarakat Barat cenderung mengkonsumsi serangga dalam bentuk olahan lain seperti tepung, biscuit, dan pasta. Dari segi keamanan pangan, residu pestisida pada serangga konsumsi masih dalam batas yang diijinkan, namun beberapa penelitian menunjukkan kandungan logam berat seperti Cr dan Cd yang melebihi batas. Cemaran mikroorganisme pada serangga mentah mencapai 6-8 log CFU/g sehingga diperlukan proses pengolahan panas yang tepat untuk mengurangi jumlah mikroorganisme agar serangga aman untuk dikonsumsi. Perlu proses penanganan dan penyimpanan yang tepat seperti pengemasan menggunakan zip lock untuk mencegah munculnya mikotoksin pada serangga yang sudah diolah. Alergen yang paling banyak ditemukan pada serangga adalah Arginin Kinase dan Tropomyosin, dan serangga tidak memiliki faktor risiko signifikan yang berpotensi menimbulkan penyakit zoonosis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Safety
Divisions: Graduate Program in Master of Food Technology
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 14 May 2024 04:50
Last Modified: 14 May 2024 04:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35416

Actions (login required)

View Item View Item