PENETAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) BERDASARKAN ANALISIS RISIKO TERHADAP KUALITAS SUSU DI PETERNAKAN “GREEN FRESH FARM” JATIREJO

SUPRIADI, GABRIEL THOMARO ALAMSYAH (2024) PENETAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) BERDASARKAN ANALISIS RISIKO TERHADAP KUALITAS SUSU DI PETERNAKAN “GREEN FRESH FARM” JATIREJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADI- COVER _a.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADI - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADI - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADI - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADI - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADI - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADI - BAB VI_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADI - DAPUS_a.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
20.I1.0082. GABRIEL THOMARO ALAMSYAH SUPRIADIi - LAMPIRAN_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Susu adalah bahan pangan yang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Jika proses pengolahan dan penyimpanan susu tidak baik dapat menyebabkan susu terkontaminasi dan berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut merupakan penyimpangan dalam aspek keamanan pangan. Keamanan pangan merupakan suatu upaya menciptakan suatu produk yang aman untuk dikonsumsi dengan mencegah terjadinya kontaminasi pada makanan selama proses pengolahan. Untuk menciptakan keamanan pangan perlu adanya suatu prosedur supaya segala proses kerja berjalan dengan efektif, optimal, dan sistematis. Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan pedoman dalam melakukan suatu pekerjaan yang berisikan informasi dan panduan untuk melakukan rangkaian pekerjaan. Proses kerja yang didasarkan pada SOP akan berjalan secara sistematis, optimal, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi latar belakang penyusunan SOP, penerapan analisis risiko, proses penyusunan SOP, dan penerapan SOP di peternakan “Green Fresh Farm” Desa Wisata Jatirejo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi literatur, menentukan aspek SOP, observasi lapangan, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD), pengambilan dokumentasi, penetapan SOP, evaluasi perbaikan, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan Standar Operasional Prosedur secara operasional sudah baik tetapi masih terdapat beberapa aspek yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah maupun SNI. Peternak tidak memakai sarung tangan saat proses sanitasi kandang dan pemandian sapi, peternak belum memiliki gudang penyimpanan peralatan untuk sanitasi kandang dan gudang peralatan untuk pemerahan susu, peternak juga belum memiliki milk can dan masih menggunakan ember cat saat proses pemerahan. Berdasarkan hasil penerapan SOP yang sudah dilaksanakan diberikan beberapa usulan terhadap peternakan “Green Fresh Farm” terkait ketentuan pada prosedur yang dapat menjaga kualitas susu yang dihasilkan agar terhindar dari cemaran mikroorganisme yaitu gudang penyimpanan peralatan sanitasi dan peralatan pemerahan, ketentuan berpakaian lapangan yang lengkap dan melengkapi peralatan pemerahan yaitu milk can.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 13 May 2024 03:59
Last Modified: 13 May 2024 03:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35402

Actions (login required)

View Item View Item