ANALISIS BRANDING KAMPUNG WISATA BATIK KAUMAN PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @EXPLOREKAMPUNGBATIKKAUMAN

SANTOSO, EL ROY VALENTINO (2024) ANALISIS BRANDING KAMPUNG WISATA BATIK KAUMAN PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @EXPLOREKAMPUNGBATIKKAUMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
20.M1.0031-EL ROY VALENTINO SANTOSO - COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20.M1.0031-EL ROY VALENTINO SANTOSO - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20.M1.0031-EL ROY VALENTINO SANTOSO - BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20.M1.0031-EL ROY VALENTINO SANTOSO - BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20.M1.0031-EL ROY VALENTINO SANTOSO - BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img] Text
20.M1.0031-EL ROY VALENTINO SANTOSO - BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20.M1.0031-EL ROY VALENTINO SANTOSO - DAPUS_1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20.M1.0031-EL ROY VALENTINO SANTOSO - LAMP_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kampung Wisata Batik Kauman adalah tempat pelestarian batik yang terletak di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Kampung Wisata Batik Kauman aktif melakukan destinasi branding melalui media sosial instagram. Kampung ini memiliki nama akun instagram @explorekampungbatikkauman, serta memiliki lebih dari 7,000 pengikut di instagramnya. Penelitian ini membahas bagaimana analisis branding Kampung Wisata Batik Kauman pada akun media sosial instagram @explorekampungbatikkauman. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan dengan tiga narasumber yaitu Ketua Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman, admin instagram @explorekampungbatikkauman, dan pengikut instagram @explorekampungbatikkauman. Berdasarkan hasil penelitian, Kampung Wisata Batik Kauman sudah melakukan destinasi branding di media sosial instagramnya, mempunyai logo, mengunggah gambar atau video tentang kampung tersebut di instagram, dan instagram dari @explorekampungbatikkauman sudah menggambarkan Kampung Kauman. Destinasi branding yang dilakukan oleh Kampung Kauman dapat ditangkap dengan baik oleh pengikut instagramnya, dapat dibuktikan bahwa 9 dari 10 mengatakan dapat menangkap destinasi branding yang dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa destinasi branding bisa dilakukan melalui media sosial dan itu berhasil. Kata kunci: Kampung Wisata Batik Kauman, branding, Destinasi branding¸ media sosial instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 05 May 2024 12:24
Last Modified: 05 May 2024 12:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35318

Actions (login required)

View Item View Item