PENGARUH PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA DENGAN TATA KELOLA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Indonesia yang Telah Mengikuti Asia Sustainability Reporting Rating pada Tahun 2018-2022)

PERDANA, CHINTHIA PUTRI (2023) PENGARUH PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA DENGAN TATA KELOLA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Indonesia yang Telah Mengikuti Asia Sustainability Reporting Rating pada Tahun 2018-2022). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.G1.0104-CHINTHIA PUTRI PERDANA-COVER_a.pdf

Download (444kB)
[img] Text
19.G1.0104-CHINTHIA PUTRI PERDANA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
19.G1.0104-CHINTHIA PUTRI PERDANA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
19.G1.0104-CHINTHIA PUTRI PERDANA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
19.G1.0104-CHINTHIA PUTRI PERDANA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
19.G1.0104-CHINTHIA PUTRI PERDANA-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
19.G1.0104-CHINTHIA PUTRI PERDANA-DAPUS_a.pdf

Download (287kB)
[img] Text
19.G1.0104-CHINTHIA PUTRI PERDANA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif profitabilitas terhadap manajemen laba. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh negatif pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap manajemen laba. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis peran tata kelola perusahaan dalam memoderasi pengaruh positif profitabilitas terhadap manajemen laba. 4) Untuk mengetahui dan menganalisis peran tata kelola perusahaan dalam memoderasi pengaruh negatif pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan 42 sampel perusahaan yang mengikuti ajang Asia Sutainability Reporting Rating (ASRRAT) pada tahun 2018-2022 berdasarkan metode Purposive Sampling dari total jumlah keseluruhan sampel yaitu 206 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan laporan tahunan, laporan keuangan dan laporan keberlanjutan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan moderated regression analysis (MRA), yang mana sebelumnya telah dilakukan uji asumsi klasik dan uji statistik deskriptif, uji kelayakan model Hasil dari penelitian ini adalah 1) Profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. 2) Pengungkapan Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah positif terhadap manajemen laba. 3) Tata kelola perusahaan yaitu ukuran dewan direksi (memperlemah) dan komisaris independen (memperkuat) dapat memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap manajemen laba. Sedangkan kepemilikan institusional tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap manajemen laba 4) Tata kelola perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap manajemen laba. Keterbatasan dari penelitian ini adalah tidak semua variabel independen dan variabel moderasi yang digunakan dalam penelitian ini mampu menjawab hipotesis atau membuktikan adanya pengaruh. Saran untuk penelitian ini adalah sebaiknya penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lainnya dalam penelitian, seperti rasio keuangan selain Profitabilitas sebagai variabel independen yang akan menjadi proksi untuk mengukur kinerja manajemen. Selain itu, masih terdapat mekanisme tata kelola perusahaan lainnya seperti Komite Audit dan Direktur Independen yang dapat digunakan sebagai variabel moderasi. Sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik untuk membuktikan hipotesis guna menguji pengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:07
Last Modified: 13 Dec 2023 06:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34022

Actions (login required)

View Item View Item