PERILAKU IMPULSIVE BUYING KONSUMEN DIGITAL KOTA SEMARANG DALAM MENGGUNAKAN E-WALLET SHOPEEPAY

NATA, JONATHAN PURNAMA HANNI (2023) PERILAKU IMPULSIVE BUYING KONSUMEN DIGITAL KOTA SEMARANG DALAM MENGGUNAKAN E-WALLET SHOPEEPAY. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
18.M1.0055-JONATHAN PURNAMA HANNI NATA-COVER_a.pdf

Download (333kB)
[img] Text
18.M1.0055-JONATHAN PURNAMA HANNI NATA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
18.M1.0055-JONATHAN PURNAMA HANNI NATA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
18.M1.0055-JONATHAN PURNAMA HANNI NATA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
18.M1.0055-JONATHAN PURNAMA HANNI NATA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
18.M1.0055-JONATHAN PURNAMA HANNI NATA-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
18.M1.0055-JONATHAN PURNAMA HANNI NATA-DAPUS_a.pdf

Download (200kB)
[img] Text
18.M1.0055-JONATHAN PURNAMA HANNI NATA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)

Abstract

JONATHAN PURNAMA HANNI NATA. Perilaku Impulsive Buying Konsumen Digital Kota Semarang dalam Menggunakan E-wallet ShopeePay (Studi Kasus Perilaku Konsumen Digital Kota Semarang dalam Menggunakan E-wallet ShopeePay). Latar Belakang dari penelitian ini adalah munculnya perilaku impulsive buying pada konsumen digital di Kota Semarang terkhususnya dalam penggunaan layanan dompet digital ShopeePay. Perlu diketahui bagaimana perilaku tersebut dapat muncul dan terbentuk. Untuk mengetahui bagaimana perilaku impulsive buying dapat terbentuk pada konsumen digital Kota Semarang dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam penggunaan layanan dompet digital ShopeePay menjadi tujuan dari penelitian ini. Pendekatan kualitatif dengan studi kasus, menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian didapatkan dari data primer dan juga sekunder. Data primer yang merupakan hasil observasi dilapangan serta hasil wawancara langsung pada lima informan yang sudah ditetuntukan. Data sekunder merupakan hasil riset jurnal serta penelitian terdahulu yang didapat peneliti. Didapatkan hasil bahwa perilaku impulsive buying yang terbentuk pada konsumen digital Kota Semarang dipengaruhi oleh faktor yang menarik rangsangan dan faktor yang membentuk perilaku itu sendiri. Faktor yang menarik rangsangan tertuju lebih kepada faktor eksternal yang mempengaruhi yakni tampilan, lokasi, hingga promo yang diberikan ShopeePay. Faktor yang membentuk yakni seperti spontanitas, dorongan batin, hingga ketidakpedulian akan akibat yang muncul dalam diri pengguna ShopeePay. Sebagai kesimpulan, konsumen digital Kota Semarang pengguna ShopeePay berperilaku impulsive buying. Perilaku tersebut dapat terbentuk pada konsumen digital di Kota Semarang dalam menggunakan ShopeePay dipengaruhi oleh beragam faktor. Faktor yang mempengaruhi dibagi menjadi dua yakni faktor yang membentuk perilaku itu sendiri dan faktor yang menarik rangsangan untuk melakukan impulsive buying.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > Culture
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:55
Last Modified: 08 Dec 2023 01:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33832

Actions (login required)

View Item View Item