HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KOPIN KOPING STRES ADAPTIF PADA GURU SEKOLAH DASAR

KAMILIA, KAMILIA (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KOPIN KOPING STRES ADAPTIF PADA GURU SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-COVER_a.pdf

Download (772kB)
[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-BAB VI_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-DAPUS_a.pdf

Download (301kB)
[img] Text
19.E1.0303-Kamilia-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)

Abstract

Beban guru SD masa kini semakin bertambah dan menimbulkan stres. Saat menghadapi situasi stres, tidak semua guru meggunakan strategi koping yang adaptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat h ubungan antara kecerdasan emosional dengan koping stres adaptif pa da guru Sekolah Dasar. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan koping stres pada guru SD. Subjek pada penelitian ini adalah 58 guru SD yang berada di empat SD Negeri Inti di Kecamatan Gajahmungkur. Alat ukur pada penelitian ini adalah skala kecerdasan emosional dan skala koping stres adaptif pada guru SD. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson . Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan koping stres adaptif pada guru SD dengan koefisien korelasi sebesar r xy = 0,533 (p< Hipotesis pada penelitian ini diterima. Sumbangan Efektif (SE) pada penelitian ini sebesar 28,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:03
Last Modified: 28 Nov 2023 03:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33730

Actions (login required)

View Item View Item