HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI KOTA SEMARANG

SEKARINGTYAS, RIZKY (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.E1.0223-Rizky Sekaringtyas-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.E1.0223-Rizky Sekaringtyas-BAB_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
19.E1.0223-Rizky Sekaringtyas-DAPUS_a.pdf

Download (509kB)
[img] Text
19.E1.0223-Rizky Sekaringtyas-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)

Abstract

Menyusun skripsi merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa. Berbagai kendala dalam proses penyusunan skripsi membuat mahasiswa merasa kesulitan untuk menyelesaikan skripsinya. Kendala yang dialami mahasiswa dapat memicu stres dan menandakan kesejahteraan psikologis yang dimiliki rendah. Kesejahteraan psikologis memiliki beberapa faktor, salah satunya dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Kota Semarang. Pendekatan kuantitatif korelasional digunakan sebagai dasar penyusunan penelitian ini. Peneliti menggunakan insidental sampling dan mendapatkan 109 responden. Pengukuran variabel bebas menggunakan Skala Dukungan Sosial yang disusun berdasarkan aspek-aspek Sarafino dan Smith (2017). Pengukuran variabel tergantung menggunakan Skala Kesejahteraan Psikologis yang disusun berdasarkan aspek Ryff (1989). Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman’s rho. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai rho sebesar 0,581 dengan p < 0,01 dan disimpulkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Comparative Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:12
Last Modified: 28 Nov 2023 01:12
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33708

Actions (login required)

View Item View Item