Hubungan Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa Rantau : Studi Literatur

Evitasari, Natalia and Wibhowo, Christine Hubungan Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa Rantau : Studi Literatur. Prosiding Seminar Nasional Sosial dan Humaniora: ”Mengembangakan kehidupan berbangsa yang lebih beradab”. ISSN 978-623-143-015-1 (PDF)

[img]
Preview
Text
PROSIDING - Natalia Evitasari - 21.E3.0046.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada Era saat ini yang mana kehidupan semakin maju, pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap individu. Untuk mencapai pendidikan yang berkualitas banyak individu yang melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. Saat ini terdapat banyak mahasiswa merantau demi menempuh pendidikan yang lebih baik. Hal tersebut terjadi karena penyebaran pendidikan yang belum merata di Indonesia, pendidikan yang baik banyak terdapat di Pulau Jawa. Ketersediaan dukungan sosial yang dimiliki juga mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat psychological well-being bagi mahasiswa rantau. Tujuan dari studi literatur ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well-being pada mahasiswa rantau. Penelitian ini menggunakan kajian literatur dengan memilih artikel terkait menggunakan kata kunci: dukungan sosial,psychological well-being, dan mahasiswa rantau. Literatur dicari melalui beberapa platform online. Literatur yang ditinjau mengungkapkan bukti pengaruh dukungan sosial terhadap psychological well-being mahasiswa perantau. Hal ini menunjukkan hasil adanya hubungan antara dukungan sosial terhadap psychological well-being mahasiswa perantau. Studi ini menyarankan bahwa meningkatkan dukungan sosial dan psychological well-being bagi mahasiswa perantau menjadi peran penting dalam menjalani perkuliahan di perantauan.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Depositing User: ms Christine Wibhowo
Date Deposited: 25 Nov 2023 03:14
Last Modified: 25 Nov 2023 03:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33684

Actions (login required)

View Item View Item