MOTIVASI DAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNA APLIKASI KENCAN PADA MAHASISWI UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG

RINTANI, YOSEPHIN KUS (2023) MOTIVASI DAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNA APLIKASI KENCAN PADA MAHASISWI UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.E1.0150-Yosephin Kus Rintani-COVER_a.pdf

Download (757kB)
[img] Text
19.E1.0150-Yosephin Kus Rintani-BAB_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
19.E1.0150-Yosephin Kus Rintani-DAPUS_a.pdf

Download (233kB)
[img] Text
19.E1.0150-Yosephin Kus Rintani-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan aplikasi kencan belakangan ini telah memberikan dampak negatif pada penggunanya seperti berbagai bentuk macam kejahatan, tetapi masih banyak juga yang menggunakan aplikasi kencan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengungkapkan proses pengambilan keputusan pengguna aplikasi kencan pada mahasiswi Universitas Katolik Soegijapranata. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat tiga informan yang merupakan mahasiswi Universitas Katolik Soegijapranata, berusia dewasa awal, menggunakan aplikasi kencan selama kurang lebih satu bulan, dan memiliki motivasi awal untuk mencari pasangan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan menggunakan aplikasi kencan karena sebagai keinginan untuk memiliki pasangan, untuk mengisi waktu luang, rasa ingin tahu yang tinggi, kesepian, mencari relasi baru, insecure, terdapat persuasi dari teman maupun iklan serta dibesarkan di dalam pola asuh orang tua yang membebaskan anak untuk bertanggung jawab pada pilihannya. Informan menggunakan aplikasi kencan, tentunya mendapatkan dampak positif dan negatif. Selama proses pengambilan keputusan yang telah dilakukan mereka memiliki pertimbangan dan strategi untuk menghadapi permasalahan yang muncul selama pemakaian aplikasi kencan. Bahkan ketika dihadapi oleh bentuk pelecehan seksual secara chatting di aplikasi kencan, mereka menilai bahwa itu bukan merupakan pelecehan seksual dan tetap melanjutkan pemakaian aplikasi kencan. Dengan adanya strategi dalam menghadapi masalah, ketiga informan tetap melanjutkan penggunaan aplikasi kencan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > Decision Making
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:58
Last Modified: 22 Nov 2023 06:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33674

Actions (login required)

View Item View Item