HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIALTEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA

VIENAREN, CHRISENTIA AMARA (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIALTEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.E1.0123-Chrisentia Amara Vienaren-COVER_a.pdf

Download (676kB)
[img] Text
19.E1.0123-Chrisentia Amara Vienaren-BAB_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
19.E1.0123-Chrisentia Amara Vienaren-DAPUS_a.pdf

Download (230kB)
[img] Text
19.E1.0123-Chrisentia Amara Vienaren-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berbagai macam hambatan dan tuntutan dalam tugas kuliah, tercapainya beban studi, praktikum dan skripsi dapat menimbulkan stres akademik yang terjadi di dalam diri mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan pengambilan data melalui accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 yang berkuliah dan tinggal di Semarang berusia 18-24 tahun, serta belum menikah. Skala Stres Akademik yang digunakan dalam penelitian ini disusun berdasarkan aspek biologis, aspek psikososial kognisi, aspek psikososial emosi dan aspek psikososial perilaku sosial dan Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya disusun berdasarkan aspek kelekatan, integrasi sosial, penghargaan, hubungan yang bisa diandalkan, bimbingan, dan kesempatan untuk membantu orang lain. Analisa data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dan mendapatkan hasil korelasi negatif dengan nilai r = - 0,238 (p=0,003<0,01).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:55
Last Modified: 22 Nov 2023 06:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33667

Actions (login required)

View Item View Item