ANALISIS KONTEN PARIWISATA INDONESIA MELALUI INSTAGRAM @KEMENPAREKRAF.RI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI CULTURAL AWARENESS

ANINDITA, VALENTINA BELLA FEDORA (2023) ANALISIS KONTEN PARIWISATA INDONESIA MELALUI INSTAGRAM @KEMENPAREKRAF.RI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI CULTURAL AWARENESS. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.M1.0099-VALENTINA BELLA FEDORA ANINDITA - COVER_a.pdf

Download (895kB)
[img] Text
19.M1.0099-VALENTINA BELLA FEDORA ANINDITA - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
19.M1.0099-VALENTINA BELLA FEDORA ANINDITA - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
19.M1.0099-VALENTINA BELLA FEDORA ANINDITA - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
19.M1.0099-VALENTINA BELLA FEDORA ANINDITA - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
19.M1.0099-VALENTINA BELLA FEDORA ANINDITA - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
19.M1.0099-VALENTINA BELLA FEDORA ANINDITA - DAPUS_a.pdf

Download (265kB)
[img] Text
19.M1.0099-VALENTINA BELLA FEDORA ANINDITA - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Industri pariwisata dari sudut pandang budaya mampu memberikan peran yang penting terhadap perkembangan budaya-budaya yang ada di Indonesia sehingga cultural awareness menjadi salah satu dimensi penting dalam memahami keragaman budaya. Diperlukan adanya peran pemerintah dalam memberikan peran sertanya dalam mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi salah satu lembaga pemerintah yang ikut turut serta menerapkan ‘Cultural Awareness’ melalui akun media sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi cultural awareness yang dihasilkan konten pariwisata Indonesia melalui Instagram @kemenparekraf.ri pada bulan Januari hingga Februari 2023 dengan fenomena ASEAN Tourism Forum 2023. Penelitian ini menggunakan analisis konten dengan teori 5 tingkatan Cultural Awareness yakni Data and Information, Culture Consideration, Cultural Knowledge, Cultural Understanding, dan Cultural Competence (Wunderle, 2006). Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa tingkatan-tingkatan cultural awareness yang terdapat pada konten Instagram terjadi secara ‘acak’.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:44
Last Modified: 09 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33156

Actions (login required)

View Item View Item