POLA KOMUNIKASI ORGANISASI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA SEMARANG DALAM PENANGANAN BENCANA BANJIR DI SEMARANG

MUKTI, GALUH KRISNA (2023) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA SEMARANG DALAM PENANGANAN BENCANA BANJIR DI SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.M1.0087-Galuh Krisna Mukti - COVER_a.pdf

Download (937kB)
[img] Text
17.M1.0087-Galuh Krisna Mukti - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
17.M1.0087-Galuh Krisna Mukti - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
17.M1.0087-Galuh Krisna Mukti - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
17.M1.0087-Galuh Krisna Mukti - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
17.M1.0087-Galuh Krisna Mukti - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
17.M1.0087-Galuh Krisna Mukti - DAPUS_a.pdf

Download (366kB)
[img] Text
17.M1.0087-Galuh Krisna Mukti - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)

Abstract

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang adalah instansi pemerintah yang dibentuk untuk penanggulangan bencana daerah. Sebagai sebuah organisasi pemerintah tentunya sangat diperlukan menerapkan pola komunikasi. Pola komunikasi diperlukan agar komunikasi dan informasi yang disampaikan pimpinan dapat diterima dan dipahami bawahan. Penyampaian pesan dimaksudkan sinergi komunikasi dengan baik agar tercapai tujuan bersama yaitu penanganan bencana banjir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Semarang dalam penanganan bencana banjir di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Semarang, Jalan Penggaron dengan objek penelitian pola komunikasi organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Semarang dalam penanganan bencana banjir di Kota Semarang. Sedangkan subjek penelitian yaitu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Subkoordinator bidang kedaruratan, dan Staf pusdalop lapangan BPBD Kota Semarang. Pengambilan data menggunakan wawancara terstruktur dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukan pola komunikasi BPBD Kota Semarang adalah pola roda, pola bintang, dan pola y. Pola roda terlihat karena adanya posisi sentral di lapangan sebagai pusat informasi ketika penanganan bencana. Pola bintang yang terlihat dari semua anggota yang bertugas di lapangan melakukan evaluasi harian. Pola bintang juga terlihat ketika anggota regu yang bertugas bersama dengan relawan atau instansi lain yang membantu saling kerjasama di lapangan. Ketiga, pola y yang sangat terlihat dari alur komando divisi pencegahan bencana. Adanya dua pimpinan yang memiliki hak yang sama dalam sistem komando kepada bawahannya. Dari kelima pola yang dijelaskan Joseph A. DeVito, BPBD Kota Semarang dalam alur komando dan dinamikanya ketika kegiatan penanganan bencana cenderung hanya menggunakan tiga pola, yaitu pola roda, pola bintang, dan pola y.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:44
Last Modified: 05 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33104

Actions (login required)

View Item View Item