IMPLEMENTASI GOOD MANUFACTURING PRACTICE (GMP) DAN HALAL ASSURANCE SYSTEM (HAS) SEBAGAI KONTROL KUALITAS PRODUK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOLLAND BAKERY SEMARANG

SETIANO, NATHASYA CHYEREN (2023) IMPLEMENTASI GOOD MANUFACTURING PRACTICE (GMP) DAN HALAL ASSURANCE SYSTEM (HAS) SEBAGAI KONTROL KUALITAS PRODUK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOLLAND BAKERY SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-COVER_a.pdf

Download (918kB)
[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-BAB VI_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-DAPUS_a.pdf

Download (199kB)
[img] Text
19.I2.0010-Nathasya Chyeren Setiano-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas sebuah produk pangan merupakan salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Produk yang berkualitas dihasilkan dari cara produksi yang baik. PT Mustika Citra Rasa atau Holland Bakery merupakan salah satu perusahaan kuliner di bidang bakery modern yang telah memiliki 400 gerai lebih di Indonesia dan terdapat 8 gerai di Semarang. Holland Bakery tentunya memiliki cara pengendalian mutu untuk menjaga kualitas produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengendalian mutu yang dilakukan oleh Holland Bakery dalam menjaga kualitas produknya serta mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan dengan metode observasional selama magang berlangsung dengan cara mengamati dan wawancara dengan para staff. Kemudian menggunakan kuisioner berupa google form untuk mengetahui penilaian atribut kualitas produk dan tingkat kepuasan konsumen. Atribut kualitas yang dinilai oleh konsumen yaitu rasa, aroma, bentuk, packaging, harga, dan kehalalan produk. Diketahui bahwa Holland Bakery menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP) dan Halal Assurance System (HAS) untuk menjaga kualitas produknya. Good Manufacturing Practice (GMP) merupakan pedoman cara pengolahan produk yang baik untuk mencegah terjadinya kontaminasi bahaya pangan dan menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh sertifikat halal. Sedangkan Halal Assurance System (HAS) secara umum merupakan sistem yang menjamin alat, bahan, hingga hasil produk bebas dari babi dan alkohol serta turunannya. Dilakukan observasi terkait penyimpangan Good Manufacturing Practice (GMP) yang terjadi pada bagian produksi Holland Bakery yang mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 75/m-ind/per/7/2010. Dilakukan pula observasi untuk mengetahui pengimplementasian Halal Assurance System (HAS) yang dilakukan oleh Holland Bakery. Data yang diperoleh dianalisis dan hasil kuisioner diolah menggunakan SPSS untuk mengetahui korelasi setiap atribut terhadap kepuasan pelanggan. Pada hasil observasi terdapat 4 penyimpangan Good Manufacturing Practice (GMP) yang harus segera diperbaiki yaitu kerusakan pada langit-langit ruang produksi, lantai yang basah dan kotor akibat saluran air yang bocor, peletakan produk yang langsung menyentuh dengan lantai, dan tidak terdapat ruangan khusus untuk karyawan beristirahat. Diketahui bahwa Holland Bakery telah memproleh sertifikat halal sejak tahun 2021 dengan status A (excellent). Hasil uji korelasi menunjukan atribut yang memiliki korelasi dengan kepuasan pelanggan Holland Bakery yaitu flavor, bentuk, tekstur, dan packaging sehingga hal tersebut perlu ditingkatkan agar kepuasan pelanggan dapat meningkat. Sebesar 85% responden setuju bahwa kehalalan produk menambah kepercayaan terhadap produk yang diperoleh serta rata-rata kepuasan pelanggan menunjukan nilai 3,16 yang berarti pelanggan telah puas dengan produk yang diperolehnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:07
Last Modified: 02 Oct 2023 07:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33019

Actions (login required)

View Item View Item