PENGARUH MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA MINUMAN SERBUK INSTAN SAMBILOTO DENGAN GULA PASIR SEBAGAI PEMANISNYA

MEILANI, KEZIA EKA (2023) PENGARUH MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA MINUMAN SERBUK INSTAN SAMBILOTO DENGAN GULA PASIR SEBAGAI PEMANISNYA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.I1.0014-Kezia Eka Meilani-COVER_a.pdf

Download (589kB)
[img] Text
19.I1.0014-Kezia Eka Meilani-BAB_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
19.I1.0014-Kezia Eka Meilani-DAPUS_a.pdf

Download (469kB)
[img] Text
19.I1.0014-Kezia Eka Meilani-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Pandemi yang terjadi akibat adanya virus COVID-19 sangat berpengaruh pada konsumsi pangan. Konsumsi minuman dan makanan antioksidan dengan kadar antioksidan yang tinggi dapat menambah immunitas tubuh. Tanaman herbal sambiloto(Andrographis paniculata) adalah salah satu tanaman herbal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Akan tetapi sambiloto memiliki kelemahan yaitu rasanya yang pahit. Untuk mendapatkan antioksidan yang tinggi dan menggurangi rasa pahit dengan metode ekstraksi dan menyalut ekstrak dengan bahan tertentu. Maltodekstrin adalah salah salah satu bahan penyalut yang tidak memiliki rasa, serta dapat melindungi antioksidan pada ekstrak. Penambahan sukrosa juga sangat bermanfaaat pada kristalisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kombinasi sukrosa dan maltodekstrin terhadap karakteristik fisikokimia minuman serbuk sambiloto. Kombinasi terbaik dapat dilihat berdasarkan pada nilai kadar air, kandungan antioksidan, kadar abu dan waktu larut. Pada penelitian ini diketahui bahwa maltodekstrin sangat berpengaruh untuk melindungi kandungan antioksidan pada minuman serbuk sambiloto. Akan tetapi penambahan maltodekstrin juga berpenagruh pada penurunan kandungan air dan bulk density pada minuman serbuk sambiloto, dan tidak berpengaruh secara signifikan pada kandungan kadar abu. Metode yang dilakukan adalah dengan melakuan ekstraksi daun sambilto dengan menggunakan ultrasonik lalu dengan menggunakan proses kristalisasi pada ekstrak sambiloto dengan sukrosa dan maltodekstrin dengan perbedaan konsentrasi. Setelah dihasilkan serbuk dilakukanuji kadar air, kadar abu, dan antioksidan, waktu larut bulk density. Penelitian ini dapat dilihat bahwa kombinasi terbaik dengan nilai konsentrasi maltodekstrin adalah 50% yang memiliki hasil kandungan antioksidan dengan rata-rata 87, dan memiliki kadar air serta bulk density yang rendah dengan rata rata 1,83 dan 0,68, sedangkan tidak berpengaruh pada waktu larut dan kadar abu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Beverage Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 29 Sep 2023 05:19
Last Modified: 29 Sep 2023 05:19
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32952

Actions (login required)

View Item View Item