PENGARUH PENAMBAHAN WHEY PROTEIN ISOLAT PADA KRISTALISASI MINUMAN SERBUK INSTAN EKSTRAK BAJAKAH (Spatholobus littoralis)

UNEPUTTY, MEGI (2023) PENGARUH PENAMBAHAN WHEY PROTEIN ISOLAT PADA KRISTALISASI MINUMAN SERBUK INSTAN EKSTRAK BAJAKAH (Spatholobus littoralis). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I1.0120-Megi Uneputty-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.I1.0120-Megi Uneputty-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
18.I1.0120-Megi Uneputty-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
18.I1.0120-Megi Uneputty-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
18.I1.0120-Megi Uneputty-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
18.I1.0120-Megi Uneputty-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
18.I1.0120-Megi Uneputty-DAPUS_a.pdf

Download (220kB)
[img] Text
18.I1.0120-Megi Uneputty-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

Bajakah (Spatholobus littoralis) merupakan salah satu tumbuhan berasal dari Kalimantan yang berpotensi sebagai obat tradisional. Masyarakat Dayak sejak dahulu menggunakan bajakah sebagai obat untuk mengembalikan stamina dan juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman bajakah mengandung senyawa flavonoid. Dalam pembuatan minuman serbuk instan akar bajakah, digunakan bahan penyalut untuk mengurangi rasa pahit yang ada pada tanaman bajakah. Bahan penyalut yang digunakan didalam penelitian ini yaitu whey protein. Selain itu, whey protein mengandung antioksidan yang tergolong tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan whey protein isolat terhadap karakteristik fisikokimia minuman serbuk instan ekstrak bajakah yang diproses menggunakan metode kristalisasi dan menentukan kensentrasi penambahan whey protein isolat yang menghasilkan minuman serbuk bajakah dengan karakteristik fisikokimia terbaik. Minuman serbuk instan akan dibuat dengan metode kristalisasi menggunakan kristalisator. Terdapat empat tingkat perlakuan penambahan whey protein diantara lain 0 g, 7.5 g, 11,25 g, dan 15 g). Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, dengan penambahan whey protein memberikan pengaruh terhadap peningkatan kadar air, uji kelarutan, antioksidan, warna (L, a* dan b*). Sedangkan, dengan penambahan whey protein juga memberikan pengaruh terhadap penurunan pH. Whey protein yang menggumpal menyebabkan panas tidak tersebar secara merata sehingga kadar air meningkat. Kandungan antioksidan yang ada pada whey protein akan menyebabkan antioksidan terkandung dalam produk semakin tinggi. Whey protein berwarna putih kekuningan sehingga produk yang dihasilkan akan lebih cerah dan lebih kuning. Whey protein mengandung asam amino sehingga dengan penambahan whey protein maka produk yang dihasilkan semakin asam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Beverage Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:57
Last Modified: 29 Sep 2023 03:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32945

Actions (login required)

View Item View Item