REVIEW: EFEK PROTEKTIF MINERAL TERHADAP STRES OKSIDATIF DAN STRES PSIKOLOGIS, SERTA EKSPLORASI BUAH INDONESIA SEBAGAI SUMBERNYA

INDRAWATI, YOVITA CHRISTINE (2023) REVIEW: EFEK PROTEKTIF MINERAL TERHADAP STRES OKSIDATIF DAN STRES PSIKOLOGIS, SERTA EKSPLORASI BUAH INDONESIA SEBAGAI SUMBERNYA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.I1.0140-YOVITA CHRISTINE INDRAWATI-COVER_a.pdf

Download (703kB)
[img] Text
17.I1.0140-YOVITA CHRISTINE INDRAWATI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
17.I1.0140-YOVITA CHRISTINE INDRAWATI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
17.I1.0140-YOVITA CHRISTINE INDRAWATI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
17.I1.0140-YOVITA CHRISTINE INDRAWATI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
17.I1.0140-YOVITA CHRISTINE INDRAWATI-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
17.I1.0140-YOVITA CHRISTINE INDRAWATI-DAPUS_a.pdf

Download (374kB)
[img] Text
17.I1.0140-YOVITA CHRISTINE INDRAWATI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstract

Buah lokal merupakan makanan yang dibuat dan dimakan sesuai kemampuan dan budaya masyarakat setempat sebagai sumber atau kaya akan kandungan makronutrien maupun mikronutrien. Mineral termasuk dalam mikronutrien untuk meningkatkan fungsi tubuh pada sistem organ, tulang, jaringan, dan sistem imun tubuh. Oleh karena itu dilakukannya review ini bertujuan untuk mengetahui berbagai buah lokal beserta kandungan mineralnya yang berpotensi mempengaruhi stres oksidatif, kesehatan psikologis, dan sistem kekebalan tubuh. Metode pengukuran kandungan mineral yang digunakan yaitu Spektrofotometri Serapan Atom (SSA), Spektrofotometri UV-Vis, dan Inductively Coupled Plasma Atomic-Emission Spectrometry (ICP-AES). Ketiga metode tersebut tetap melalui uji kadar abu untuk menentukan adanya kandungan mineral. Kandungan Mg dan Fe pada buah duku masing-masing sebesar 162 mg/100g dan 4,98 mg/100g. Pada buah sengkuang juga kaya akan kandungan Fe sebesar 93,433 mg/100g. Kemudian pada buah belimbing kaya Mg sebesar 131 mg/100g, sumber Fe sebanyak 3,98 mg/100g, dan sumber Zn sebanyak 2,72 mg/100g. Selain buah belimbing yang mengandung tiga mineral penting, buah lepang juga merupakan sumber mineral Zn karena mengandung 3,023 mg/100g. Buah belimbing diikuti dengan buah duku dan jambu memiliki potensi lebih tinggi dalam mempengaruhi stres oksidatif, kesehatan psikologis, dan menjaga kekebalan tubuh. Pada buah-buahan seperti salak, jambu, manggis, duku, sukun, dan belimbing memiliki kandungan mineral yang cukup daripada buah lokal dari Kalimantan Barat. Buah-buahan ini memiliki mineral seperti Mg, Fe, dan Zn yang berperan dalam meningkatkan superoksida dismutase (SOD), katalase (CAT), dan glutation peroksidase (GPx) sehingga dapat mencegah terjadinya stres oksidatif dalam tubuh. Asupan mineral Mg, Ca, Fe, dan Zn yang tercukupi juga dapat mengurangi risiko terjadinya kecemasan dan depresi. Hubungan stres psikologis dapat menyebabkan peningkatan stres oksidatif yang terdeteksi dalam waktu relatif singkat (<2 jam). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara mineral, stres oksidatif, stres psikologis, inflamasi, dan imunitas. Artikel mengenai asupan buah-buahan dalam kelompok pangan berhubungan negatif dengan depresi yang didapatkan masih terbatas pada cross sectional, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut di masa mendatang. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan penelitian in vitro, in vivo, atau klinis mengenai peran pemberian mineral melalui asupan buah-buahan yang lebih banyak lagi, baik dalam kondisi normal dan stres.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:42
Last Modified: 29 Sep 2023 03:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32936

Actions (login required)

View Item View Item