PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI PENENTUAN SASARAN STRATEGIS PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD (STUDI PADA PERUSAHAAN FROZEN FOOD DI TEMANGGUNG)

BEINARGI, AHZAM (2023) PENINGKATAN KINERJA BISNIS MELALUI PENENTUAN SASARAN STRATEGIS PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD (STUDI PADA PERUSAHAAN FROZEN FOOD DI TEMANGGUNG). Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
20.D3.0008-Ahzam Beinargi-COVER_a.pdf

Download (851kB)
[img] Text
20.D3.0008-Ahzam Beinargi-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
20.D3.0008-Ahzam Beinargi-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
20.D3.0008-Ahzam Beinargi-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
20.D3.0008-Ahzam Beinargi-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text
20.D3.0008-Ahzam Beinargi-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
20.D3.0008-Ahzam Beinargi-DAPUS_a.pdf

Download (252kB)
[img] Text
20.D3.0008-Ahzam Beinargi-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)

Abstract

Persaingan frozen vegetables kian waktu semakin kompetitif karena kesadaran masyarakat mengenai pentingnya makanan sehat dan praktis yang semakin meningkat. Penerapan Visi, Misi dan Strategi adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh perusahaan agar berjalan terarah dan fokus sehingga mampu memaksimalkan kinerjanya. Visi dan Misi PT Kelola Agro Makmur sampai saat ini masih belum banyak dipahami oleh karyawan. Permasalahan yang terjadi di perusahaan ini ada dua hal, yakni perusahaan melakukan pengukuran kinerja perusahaan masih menggunakan pendapatan sebagai indikator kinerja, sehingga relatif sulit untuk menganalisa penyebab atau masalah yang terjadi atas penurunan kinerja dari perspektif non finansial. Kedua, perusahaan ini belum menggunakan landasan strategi yang dipahami oleh seluruh karyawan perusahaan. Penentuan sasaran strategi menggunakan perspektif Balanced Scorecard merupakan salah satu langkah awal untuk membantu dalam meningkatkan kinerja bisnis perusahaan. Sasaran strategi tersebut akan lebih mudah diimplementasikan menggunakan alat bantu teknologi yakni BSC Designer. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara secara mendalam dan terstruktur, observasi partisipasi dan dokumentasi data perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan rancangan sasaran strategi yang didapatkan dari pendekatan hasil wawancara dengan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi perusahaan saat ini. Sasaran strategi tersebut meliputi : 1) perspektif keuangan dengan sasaran strategi pertumbuhan pendapatan dan menurunkan beban biaya. 2) perspektif pelanggan dengan sasaran strategi perluasan area pemasaran, meningkatkan kepuasan pelanggan dan pelayanan penjualan, memperkuat branding. 3) perspektif bisnis internal dengan sasaran strategi meningkatkan produktivitas karyawan, meningkatkan dan menjaga kualitas produk, serta meningkatkan kapasitas produksi. 4) perspektif pengembangan dan pembelajaran dengan sasaran strategi meliputi pelatihan dan pengembangan karyawan, pembentukan talent pool, serta jenjang karir. Keempat perspektif tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi sehingga dibentuklah peta strategi untuk memudahkan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Untuk mengukur kinerja bisnis, digunakan indikator terukur agar menjadi acuan sistematis bagi perusahaan. Selanjutnya, dalam membantu implementasi sasaran strategi dan indikator tersebut, digunakan alat bantu monitoring menggunakan aplikasi BSC Designer yang memudahkan perusahaan dalam memantau kinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Implementasi BSC Designer dalam penelitian ini masih menggunakan pendekatan simulasi dengan data dan angka yang digunakan berdasarkan asumsi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance > Business plan
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:26
Last Modified: 27 Sep 2023 04:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32878

Actions (login required)

View Item View Item