PENGARUH GREEN CONSUMER ATTITUDE, ENVIRONMENT ATTITUDE, DAN CONSIDERING GREEN PRODUCT TERHADAP WILLINGNESS TO BUY PRODUK ECO STRAW DI KOTA SEMARANG

SYAHPUTRA, WILLI EFRIAN (2023) PENGARUH GREEN CONSUMER ATTITUDE, ENVIRONMENT ATTITUDE, DAN CONSIDERING GREEN PRODUCT TERHADAP WILLINGNESS TO BUY PRODUK ECO STRAW DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.D1.0046-Willi Efrian Syahputra-COVER_a.pdf

Download (594kB)
[img] Text
19.D1.0046-Willi Efrian Syahputra-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
19.D1.0046-Willi Efrian Syahputra-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
19.D1.0046-Willi Efrian Syahputra-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
19.D1.0046-Willi Efrian Syahputra-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
19.D1.0046-Willi Efrian Syahputra-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
19.D1.0046-Willi Efrian Syahputra-DAPUS_a.pdf

Download (332kB)
[img] Text
19.D1.0046-Willi Efrian Syahputra-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh green consumer attitude, environment attitude, dan considering green product terhadap willingness to buy produk eco straw di Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi willingness to buy konsumen terhadap produk eco friendly seperti eco straw. Green consumer attitude adalah sikap individu yang terbentuk melalui kepeduliannya terhadap lingkungan dan tercermin dalam tindakan individu dalam mencari, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi produk yang berdampak positif terhadap lingkungan. Environment attitude adalah sikap individu terhadap lingkungan yang mencakup perasaan, kecenderungan, dan evaluasi potensial yang dipengaruhi oleh interaksi antara komponen kognitif, afektif, dan konatif. Considering green product mengacu pada kesadaran konsumen dalam mempertimbangkan kualitas lingkungan saat merancang dan memilih produk hijau. Willingness to buy adalah keinginan atau minat beli konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui survei kepada 100 responden yang merupakan pelanggan Starbucks Coffee di Kota Semarang yang pernah membeli, menggunakan, atau tertarik pada produk eco straw. Analisis statistik menggunakan regresi linear berganda digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen (green consumer attitude, environment attitude, considering green product) dan variabel dependen (willingness to buy). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green consumer attitude tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap willingness to buy, sedangkan environment attitude dan considering green product memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap willingness to buy produk eco straw di Kota Semarang. Outlet Starbucks Coffee di Kota Semarang perlu mempertahankan dan meningkatkan penerapan environment attitude serta considering green product untuk meningkatkan willingness to buy konsumen terhadap produk eco straw. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi willingness to buy konsumen terhadap produk eco straw dan dapat berguna bagi produsen dan pemasar produk eco straw dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:09
Last Modified: 26 Sep 2023 08:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32846

Actions (login required)

View Item View Item