ANALISA LONGSORAN TANAH PADA GALIAN ABUTMENT JEMBATAN (Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Jembatan Panggung Kelurahan Mangkang Kulon Semarang)

HARJANA, SRI (2023) ANALISA LONGSORAN TANAH PADA GALIAN ABUTMENT JEMBATAN (Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Jembatan Panggung Kelurahan Mangkang Kulon Semarang). Project Report. Fakultas Teknik, Universitas Katholik Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
22.B5.0018-SRI HARJANA-COVER_a.pdf

Download (841kB)
[img] Text
22.B5.0018-SRI HARJANA-BAB I-V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
22.B5.0018-SRI HARJANA-DAPUS_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
22.B5.0018-SRI HARJANA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jembatan Panggung yang terletak di Jalan Panggung RT.01 RW.04 Kelurahan Mangunharjo ini menjadi salah satu penyebab banjir yang kerap melanda warga di sekitarnya, pasalnya kondisi jembatan sangat rendah sehingga saat musim penghujan terjadi penyumbatan sampah dan sedimen. Jembatan panggung ini dibangun diatas tanah lanau atau tanah berpasir yang merupakan tanah peralihan antara tanah pasir dan tanah liat. Dalam keadaan tertentu tanah ini longgar dan kurang padat sehingga ketika terkena panas akan mudah terjadi retak dan apabila terkena hujan sangat mudah terjadi longsor. Dengan adanya tanah yang mudah longsor ini maka untuk pekerjaan lantai kerja abutment jembatan menjadi terhambat. Tentunya hal ini juga menghambat proses pembangunan jembatan tersebut secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari alternatif atau cara untuk menangani masalah kelongsoran tanah saat proses pekerjaan galian tanah abutment. Penanganan tanah longsor dapat dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu penanganan sementara dengan trucuk dan sesek bambu, pengurangan beban tanah urugan diatas tanah galian, dan membuat saluran untuk mengendalikan air permukaan diatas lokasi galian abutment.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering - Project Report
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:38
Last Modified: 18 Sep 2023 01:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32715

Actions (login required)

View Item View Item