PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN EFEKTIF (EFFECTIVE LEADERSHIP) MANAGER PROYEK DAN MANDOR TERHADAP KEBERHASILAN PENYELESAIAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LAYANAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PURBALINGGA

HAKIM, LUKMAN (2023) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN EFEKTIF (EFFECTIVE LEADERSHIP) MANAGER PROYEK DAN MANDOR TERHADAP KEBERHASILAN PENYELESAIAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LAYANAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PURBALINGGA. Project Report. Fakultas Teknik, Universitas Katholik Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
22.B5.0009-LUKMAN HAKIM-COVER_a.pdf

Download (811kB)
[img] Text
22.B5.0009-LUKMAN HAKIM-BAB I-V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
22.B5.0009-LUKMAN HAKIM-DAPUS_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
22.B5.0009-LUKMAN HAKIM-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Kesuksesan sebuah proyek tidak terlepas dari pengelolaan sumber daya yang baik, metode kerja yang tepat, dan kepemimpinan yang efektif yang merupakan proses yang dinamis, bervariasi, kreatif, iniatif, dan juga efektif. Pada proyek kegiatan Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga terdapat beberapa kendala dan permasalahan dalam proses pelaksanaannya, akan tetapi dapat diatasi oleh manajer proyek dan mandor sebagai pemimpin bagi bawahannya. Seorang mandor tidak dituntut memiliki pendidikan yang tinggi, namun harus memiliki kemampuan berorganisasi yang baik, kecepatan dan ketepatan dalam mencari solusi untuk permasalahan, bertanggung jawab terhadap pekerjaan, mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim. Sedangkan manajer proyek lebih dituntut untuk professional, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu mempengaruhi bawahan untuk mencapai tujuan proyek, berwawasan luas dan mampu berpikir cepat serta bijak dalam mengambil keputusan. Kepemimpinan manajer proyek lebih unggul dalam hal kepemimpinan dengan sistem kerja yang dan terstruktur. Akan tetapi memiliki kelemahan jangkauan komunikasi pribadi yang terbatas karena hubungan kerja formal. Sedangkan gaya kepemimpinan mandor memiliki keunggulan dalam hal komunikasi lisan langsung dengan jangkauan komunikasi yang lebih luas hingga ke tingkat pekerja yang paling bawah. Perpaduan antara dua gaya kepemimpinan efektif ternyata sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Proyek Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga. Bagi penelitian selanjutnya dapat lebih spesifik dalam menganalisa dan membandingkan antara kepemimpinan mandor dan manajer proyek dengan variabel yang lebih memiliki korelasi, sehingga indikator gaya kepemimpinan efektif lebih jelas perbandingannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering - Project Report
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:31
Last Modified: 18 Sep 2023 01:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32708

Actions (login required)

View Item View Item