PUSAT PERBELANJAAN UKM DI KABUPATEN SUKOHARJO

LAKSITARISKY, ARNETTA (2023) PUSAT PERBELANJAAN UKM DI KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-COVER_a.pdf

Download (651kB)
[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-BAB VI_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-DAPUS_a.pdf

Download (180kB)
[img] Text
19.A1.0095-Arnetta Laksitarisky-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Maraknya minat masyarakat pada jaman kini terhadap produk produk lokal dari bisnis UKM mulai mencuat. Sukoharjo merupakan kawasan yang memiliki potensi UKM yang tinggi. Kabupaten Sukoharjo menjadi salah satu kawasan supplier yang tersebar dan mengalami kenaikan unit UKM hampir 11 kali lipat pada saat era covid – 19 yakni pada tahun 2020. Sementara itu, penyediaan eksisting sebagai wadah UKM masih sangat kurang dibandingkan dengan unit UKM yang ada. Tujuan dari perancangan Pusat Perbelanjaan UKM ini agar dapat menyediakan wadah bagi para penjual UKM untuk bisa memperdagangkan produk ke masyarakat secara langsung. Selain itu adanya pusat perbelanjaan komunitas ini juga dapat menambah daya tarik masyarakat karena dapat mencoba produk lokal secara langsung. Proyek Pusat Perbelanjaan UKM di Kabupaten Sukoharjo mengangkat kelokalan atau lokalitas dari UKM itu sendiri. Pada proyek ini, dengan menonjolkan lokalitas sesuai dengan fungsi bangunannya, dapat memberikan suasana yang sesuai bagi para pengunjung dan memberikan ciri khas bagi pusat perbelanjaan UKM. Dalam proyek ini, respon pemecahan masalah pada urgensi topik yang digunakan adalah pendekatan arsitektur Neo – Vernakular serta Studi pendekatan ruang dan sirkulasi. Penerapan Arsitektur Neo-vernakular dan studi pendekatan ruang digunakan sebagai respon dalam menonjolkan lokalitas. Sementara studi sirkulasi ruang pada pusat erbelanjaan digunakan sebagai respon dalam pola sirkulasi yag baik. Penggunaan pendekatan Arsitektur Neo – Vernakular untuk memberikan tampilan yang menggabungkan era modern dengan vernakular sehingga tetap menciptakan keselarasan antara bangunan modern dengan tradisional. Sementara studi pendekatan ruang bertujuan untuk memberikan kesan lokal UKM di dalam bangunan. Selain itu, penggunaan teori sirkulasi agar dapat membentuk pola sirkulasi pusat perbelanjaan yang tidak membingungkan bagi para pelaku Pusat Perbelanjaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:23
Last Modified: 15 Sep 2023 06:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32671

Actions (login required)

View Item View Item