Perancangan Board Game Kotaku Edisi Kampung Pelangi untuk Pembelajaran Kota dan Lingkungan pada Anak-Anak SD di Lingkungan Berkualitas Rendah

HARDJANA, ALFONS CHRISTIAN and Wardhani, Dhiyan Krishna and SULASTRI, AUGUSTINA and SUMIJATI, SRI (2023) Perancangan Board Game Kotaku Edisi Kampung Pelangi untuk Pembelajaran Kota dan Lingkungan pada Anak-Anak SD di Lingkungan Berkualitas Rendah. In: Ekologi Integral 2023, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
Eprosiding EkoIntegral.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://www.unika.ac.id/wp-content/uploads/2023/07...

Abstract

Pemahaman terkait kelestarian lingkungan dan tata kota merupakan hal penting untuk menjaga masa depan lingkungan dan tata kota. Proses pemahaman terkait lingkungan dan kota perlu diberikan sejak dini termasuk anak-anak terutama anak-anak pada usia pendidikan dasar. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus di SD PL Servatius Gunung Brintik Semarang yang berada di wilayah perbukitan dan membutuhkan allternatif media pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi terkait tata kota dan lingkungan. Maka dari itu, dirancanglah Board Game, edugame yang menyenangkan dan mudah dipahami untuk anak-anak tdengan topik tata kota dan pelestarian lingkungan. Board Game dirancang menggunakan Game Design Process dengan menampilkan penyederhaan visual kota disekitar Gunung Brintik dan ikon Kota Semarang terdekat dari Gunung Brintik yaitu Tugu Muda. Boardgame ini juga didukung dengan ikon terkait kota dan lingkungan untuk memudahkan pemahaman anak-anak. Penelitian ini akan membahas proses perancangan Board Game “Kotaku Edisi Kampung Pelangi” untuk menyelesaikan permasalahan anak-anak SD yang ada di SD SD PL Servatius Gunung Brintik Semarang yang berada di daerah bernama Kampung Pelangi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment
Divisions: Faculty of Architecture and Design
Depositing User: Mr Alfons .
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:41
Last Modified: 04 Sep 2023 05:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32605

Actions (login required)

View Item View Item