ANALISIS ASPEK GABUNGAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN GOOD DAIRY FARMING PRACTICES (GDFP) TERHADAP KUALITAS SUSU DI PETERNAKAN DESA WISATA JATIREJO

DIANNISA, VANIA AYU (2023) ANALISIS ASPEK GABUNGAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN GOOD DAIRY FARMING PRACTICES (GDFP) TERHADAP KUALITAS SUSU DI PETERNAKAN DESA WISATA JATIREJO. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.I1.0152-Vania Ayu Diannisa-COVER_a.pdf

Download (869kB)
[img] Text
19.I1.0152-Vania Ayu Diannisa-BAB I_a.pdf

Download (124kB)
[img] Text
19.I1.0152-Vania Ayu Diannisa-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
19.I1.0152-Vania Ayu Diannisa-BAB III_a.pdf

Download (121kB)
[img] Text
19.I1.0152-Vania Ayu Diannisa-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.I1.0152-Vania Ayu Diannisa-BAB V_a.pdf

Download (112kB)
[img] Text
19.I1.0152-Vania Ayu Diannisa-DAPUS_a.pdf

Download (438kB)
[img] Text
19.I1.0152-Vania Ayu Diannisa-LAMP_a.pdf

Download (712kB)

Abstract

Indonesia memiliki banyak peternak tradisional atau peternak dengan pemerahan menggunakan tangan. Sehingga diperlukan sistem keamanan pangan untuk menjaga kualitas susu di lingkup peternak. Susu merupakan bahan pangan cair berwarna putih kekuningan yang memiliki kandungan nilai gizi tinggi. Produksi susu sapi perah di Indonesia yang meningkat tiap tahunnya perlu diimbangi dengan hasil susu yang berkualitas. Aplikasi aspek Good Manufacturing Practices (GMP) dan Good Dairy Farming Practices (GDFP) yang telah disesuaikan dan dikembangkan sesuai kondisi peternakan dapat menjadi langkah untuk menghasilkan susu dengan kualitas yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penerapan, menganalisis kesenjangan, serta memberikan rekomendasi perbaikan terkait kesenjangan dalam penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Good Dairy Farming Practices (GDFP) terhadap kondisi aktual peternakan. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur serta menentukan aspek GMP dan GDFP sesuai kondisi peternakan yang dapat mempengaruhi kualitas susu. Selanjutnya dilakukan observasi, wawancara, dan pengambilan dokumentasi sebagai langkah pengumpulan data. Lalu dilakukan GAP analysis, serta evaluasi perbaikan, dan diakhiri dengan pemberian rekomendasi. Hasil penelitian didapatkan terdapat kesenjangan pada seluruh aspek gabungan GMP dan GDFP yang telah ditentukan yaitu aspek lokasi dan lingkungan peternakan, bangunan, manajemen pemerahan sapi perah, fasilitas dan kegiatan higiene dan sanitasi, kesehatan dan higiene pekerja, serta kondisi ternak. Pemberian rekomendasi perbaikan dalam seluruh aspek gabungan GMP dan GDFP yang telah disesuaikan dengan kondisi peternakan yang berpengaruh terhadap kualitas susu dapat menjadi langkah agar mengurangi kesenjangan yang ada serta mencapai susu dengan kualitas yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:15
Last Modified: 15 Jun 2023 02:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32111

Actions (login required)

View Item View Item