KELAYAKAN LARUTAN ISOPROPYL ALCOHOL RECYCLE DALAM PENGUJIAN FREE FATTY ACID MINYAK GORENG PADA PROSES PRODUKSI POP MIE DAN SARIMI GELAS DI PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR DIVISI NOODLE SEMARANG

WIDIA, ADINDA BUNGA (2023) KELAYAKAN LARUTAN ISOPROPYL ALCOHOL RECYCLE DALAM PENGUJIAN FREE FATTY ACID MINYAK GORENG PADA PROSES PRODUKSI POP MIE DAN SARIMI GELAS DI PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR DIVISI NOODLE SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-BAB I_a.pdf

Download (233kB)
[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-BAB III_a.pdf

Download (295kB)
[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-BAB IV_a.pdf

Download (251kB)
[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-BAB V_a.pdf

Download (196kB)
[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-BAB VI_a.pdf

Download (225kB)
[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-DAPUS_a.pdf

Download (282kB)
[img] Text
19.I1.0111-Adinda Bunga Widia-LAMP_a.pdf

Download (250kB)

Abstract

Larutan yang digunakan sebagai larutan pelarut dalam pengujian free fatty acid adalah Isopropyl alcohol (C3H7OH). Isopropyl alcohol mempunyai sifat sebagai antiseptik sehingga menghasilkan sensasi yang dingin serta cepat menguap. Di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Divisi Noodle Semarang, larutan isopropanol digunakan untuk menguji free fatty acid (asam lemak bebas). Masih perlu adanya penelitian mengenaik efisiensi penggunaan larutan isopropanol dan efektifitas pengujian FFA dalam menentukan kualitas minyak dengan indicator FFA. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan minyak produksi dengan indicator FFA dan warna. Penelitian dilakukan dengan variabel bebas kemurnian minyak, variabel terikat adalah FFA dan warna minyak, dan variabel tetap adalah alcohol dan pH dari setiap jenis larutan. Analisis organoleptik pada warna minyak adalah untuk melihat pengaruh warna minyak terhadap kandungan asam lemak bebas pada minyak. Pengukuran pH pada larutan isopropanol murni, recycle 1, dan recycle 2 menggunakan pH meter dan kandungan alcohol menggunakan alcohol meter. Analisis yang dilakukan dengan melakukan pengurangan berat minyak sampel dan volume penggunaan isopropanol recycle pertama dan kedua, kemudian akan dilakukan pengujian FFA dengan metode titrasi menggunakan larutan KOH dengan normalitas 0,0497 dan indikator PP (Phenolphthalein). Dari penelitian tersebut akan dibandingan hasil dari penggunaan larutan isopropyl alcohol recycle pertama dengan larutan isopropyl alcohol recycle kedua sehingga dapat dilihat perbedaan kualitasnya. Parameter yang digunakan adalah perbandingan hasil pengujian free fatty acid menggunakan larutan isopropyl alcohol recycle pertama dengan larutan isopropyl alcohol recycle kedua, volume larutan isopropyl alcohol, dan berat minyak. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu volume larutan isopropyl alcohol recycle dan berat minyak sampel. Minyak produksi line 1 yang digunakan untuk memproduksi Pop Mie memiliki warna kuning jernih, sedangkan minyak produksi line 2 yang digunakan untuk memproduksi Sarimi Gelas memiliki warna sedikit coklat. Larutan isopropyl alcohol recycle 2 memiliki sifat lebih basa dengan pH 7,95 jika dibandingkan dengan larutan isopropyl alcohol murni yang memiliki pH 6,64 dan isopropyl alcohol recycle 1 dengan pH 7,10. Kadar alcohol larutan isopropyl alcohol recycle 2 lebih rendah, yaitu 91,2 jika dibandingkan dengan larutan isopropyl alcohol murni yaitu 99,5 dan isopropyl alcohol recycle 1 yaitu 97,5. Hasil pengujian FFA menggunakan larutan isopropanol murni dan recycle tidak berbeda nyata. Dugaan perbedaan kadar alcohol pada jenis larutan yang berkaitan pada hasil FFA. Penggunaan recycle 1 dan recycle 2 sebanding padahal alcohol semakin menurun. Adanya penurunan volume larutan isopropanol yang digunakan, nilai FFAnya masih baik karena besarnya FFA akan bergantung pada besarnya perbandingan berat minyak dan volume larutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:11
Last Modified: 15 Jun 2023 02:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32102

Actions (login required)

View Item View Item