FENOMENA CELEBRITY STATUS SEBAGAI BENTUK PERSONAL BRANDING ARIEF MUHAMMAD DI INSTAGRAM

DWIPUTRI H., MELVRINA (2023) FENOMENA CELEBRITY STATUS SEBAGAI BENTUK PERSONAL BRANDING ARIEF MUHAMMAD DI INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0031-Melvrina Dwiputri H-COVER_a.pdf

Download (888kB)
[img] Text
18.M1.0031-Melvrina Dwiputri H-BAB I_a.pdf

Download (261kB)
[img] Text
18.M1.0031-Melvrina Dwiputri H-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
18.M1.0031-Melvrina Dwiputri H-BAB III_a.pdf

Download (129kB)
[img] Text
18.M1.0031-Melvrina Dwiputri H-BAB IV_a.pdf

Download (4MB)
[img] Text
18.M1.0031-Melvrina Dwiputri H-BAB V_a.pdf

Download (117kB)
[img] Text
18.M1.0031-Melvrina Dwiputri H-DAPUS_a.pdf

Download (264kB)
[img] Text
18.M1.0031-Melvrina Dwiputri H-LAMP_a.pdf

Download (164kB)

Abstract

Adanya perkembangan dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi, membuat peran media massa semakin meningkat. Hal ini tentu dapat mengubah kebiasaan manusia dalam bertumbuh dan beradaptasi untuk berkomunikasi melalui internet di era media baru serba digital. Salah satu media digital yang masih populer digunakan adalah Instagram. Dalam prakteknya, media sosial ini memunculkan berbagai fenomena baru, seperti fenomena celebrity status. Fenomena ini menjadi salah satu cara pembentukan personal branding yang baik pada diri selebriti untuk mendapatkan keuntungan dan keistimewaan dari status selebritinya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang Arief Muhammad menggunakan celebrity status sebagai bentuk personal branding untuk mendapatkan berbagai privileges di Instagram. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang dimasukkan adalah data hasil observasi peneliti pada media sosial Instagram subjek penelitian, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah seorang selebriti Arief Muhammad yang secara stratifikasi sosial, memiliki posisi dan status lebih tinggi dibandingkan masyarakat biasa. Arief Muhammad menggunakan media sosial Instagram untuk membentuk personal branding serta telah memenuhi delapan konsep dalam pembentukan personal branding yang kuat. Hal ini dilakukan agar Arief Muhammad dapat menggunakan status dan perannya dalam masyarakat untuk memenuhi harapan dan berhasil mendapatkan berbagai macam keuntungan dan keistimewaan dari status selebritinya yang berupa Interactional Privilege, Normative Privilege, Economic Privilege dan Legal Privilege. Peneliti juga menemukan bahwa hingga saat ini Arief Muhammad belum secara maksimal menggunakan Legal Privilege dibanding ketiga privilege lainnya, karena memang belum adanya kasus yang memberatkan Arief Muhammad secara hukum. Kata Kunci : Arief Muhammad, Status Selebriti, Personal Branding, Instagram

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:48
Last Modified: 12 Jun 2023 00:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31966

Actions (login required)

View Item View Item