PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2020

SATRIYANTO, DONI AGUS (2023) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2020. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
22.D1.0228-DONI AGUS SATRIYANTO-COVER_a.pdf

Download (408kB)
[img] Text
22.D1.0228-DONI AGUS SATRIYANTO-BAB I_a.pdf

Download (273kB)
[img] Text
22.D1.0228-DONI AGUS SATRIYANTO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
22.D1.0228-DONI AGUS SATRIYANTO-BAB III_a.pdf

Download (296kB)
[img] Text
22.D1.0228-DONI AGUS SATRIYANTO-BAB IV_a.pdf

Download (180kB)
[img] Text
22.D1.0228-DONI AGUS SATRIYANTO-BAB V_a.pdf

Download (258kB)
[img] Text
22.D1.0228-DONI AGUS SATRIYANTO-DAPUS_a.pdf

Download (123kB)
[img] Text
22.D1.0228-DONI AGUS SATRIYANTO-LAMP_a.pdf

Download (147kB)

Abstract

Dalam iklim bisnis dimana persaingan semakin ketat saat ini, banyak perusahaan yang bersaing dalam bidang yang sama. Terlebih dengan situasi ekonomi global yang semakin terbuks, membuat peta persaingan menjadi semakin ketat. Hal ini membuat banyak perusahaan berusaha mencari cara untuk mengembangkan perusahaan dalam meningkatkan daya saingnya supaya dapat terus bertahan hidup dan berkembang di era globalisasi ini. Rasio keuangan yang akan digunakan adalah rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, rasio profitabilitas dan rasio pertumbuhan. Untuk rasio likuiditas akan digunakan proksi current ratio dan cash ratio, untuk rasio leverage akan digunakan proksi debt to equity ratio dan debt to asset ratio, untuk rasio aktivitas akan digunakan proksi total asset turnover dan working capital turnover, untuk rasio profitabilitas akan digunakan proksi return on asset dan return on equity dan untuk rasio pertumbuhan akan menggunakan pertumbuhan penjualan dan pertumbuhan laba. Rumusan masalah dalam penelitian ini dengan melihat latar belakang di atas adalah sebagai berikut : Bagaimana perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi akuisisi pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2020 Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan signifikan rasio aktivitas perusahaan sebelum dengan sesudah dilakukannya akuisisi yang didasarkan dari dua perhitungan rasio total assets turnover maupun working capital turnover. Namun tidak ada perbedaan yang signifikan antara rasio leverage sebelum dengan sesudah dilakukannya akuisisi yang didasarkan dari dua perhitungan rasio debt to equity ratio maupun debt to assets ratio. Hasil dari perhitungan rasio likuiditas, berdasarkan current ratio, tidak ada perbedaan yang signifikan antara current ratio sebelum dan sesudah dilakukan akuisisi. Namun berdasarkan pengukuran cash ratio, ada perbedaan yang signifikan antara cash ratio sebelum dengan sesudah dilakukannya akuisisi. Hasil serupa juga terlihat pada perhitungan rasio profitabilitas dimana tidak ada perbedaan yang signifikan antara return on assets sebelum dengan sesudah dilakukannya akuisisi namun ada perbedaan yang signifikan antara return on equity sebelum dengan sesudah dilakukannya akuisisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Stock Exchange
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:44
Last Modified: 12 Jun 2023 00:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31962

Actions (login required)

View Item View Item