PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI LIVE STREAMING FACEBOOK PADA ONLINE SHOP ALVHIE COLLECTION

KASIH, MONICA MUTIARA (2023) PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI LIVE STREAMING FACEBOOK PADA ONLINE SHOP ALVHIE COLLECTION. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.M1.0042-MONICA MUTIARA KASIH-COVER_a.pdf

Download (753kB)
[img] Text
17.M1.0042-MONICA MUTIARA KASIH-BAB I_a.pdf

Download (617kB)
[img] Text
17.M1.0042-MONICA MUTIARA KASIH-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
17.M1.0042-MONICA MUTIARA KASIH-BAB III_a.pdf

Download (351kB)
[img] Text
17.M1.0042-MONICA MUTIARA KASIH-BAB IV_a.pdf

Download (727kB)
[img] Text
17.M1.0042-MONICA MUTIARA KASIH-BAB V_a.pdf

Download (242kB)
[img] Text
17.M1.0042-MONICA MUTIARA KASIH-DAPUS_a.pdf

Download (263kB)
[img] Text
17.M1.0042-MONICA MUTIARA KASIH-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media sosial kini memiliki perkembangan yang sangat signifikan melihat kegunaan dan fiturnya yang semakin canggih. Dengan demikian orang-orang kemudian menggunakan media sosial sebagai tempat bagi mereka untuk memulai bisnis secara online. Maraknya bisnis berupa online shop di media sosial kita kenal dengan istilah s-commerce. Salah satunya adalah Facebook yang memiliki fitur live streaming yang dapat membuka peluang bagi penggunanya untuk secara mudah dan gratis memulai bisnis online mereka. Dengan demikian, efektivitas komunikasi persuasif ini dapat menentukan keberhasilan seseorang dalam berbisnis secara online. Salah satunya adalah dengan perencanaan strategi. Peneliti secara khusus melakukan analisis terkait penerapan strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh sebuah online shop bernama Alvhie Collection di Facebook. Alvhie Collection menggunakan fitur live streaming yang ada di Facebook untuk memasarkan produknya yang berupa pakaian. Alvhie Collection menerapkan tiga strategi komunikasi persuasif milik Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball Roceach ketika melakukan kegiatan live streaming. Ketiga strategi tersebut yaitu Strategi Psikodinamika, Persuasi Sosiokultural dan the Meaning Construction. Peneliti melakukan analisis terhadap video live streaming Alvhie Collection yang berdurasi selama 3 jam 7 menit dan mencatat sebanyak total 127 bahasa yang mengandung pesan persuasif. Keseluruhan bahasa tersebut kemudian dituliskan menjadi kalimatkalimat yang dikategori berdasarkan strategi komunikasi persuasif Melvin danx Sandra. Hasilnya, peneliti menemukan terdapat 63 bahasa yang merupakan penerapan strategi Psikodinamika, 38 bahasa yang merupakan penerapan strategi Persuasi Sosiokultural dan 26 bahasa yang merupakan penerapan strategi the Meaning Construction. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Strategi Komunikasi Persuasif, Media Sosial, Live Streaming, Social Commerce

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:21
Last Modified: 05 Jun 2023 07:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31917

Actions (login required)

View Item View Item