PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY DI MUSEUM BATIK PEKALONGAN

HANSEL, HANSEL (2023) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY DI MUSEUM BATIK PEKALONGAN. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.N1.0013-Hansel-COVER_a.pdf

Download (730kB)
[img] Text (BAB I)
18.N1.0013-Hansel-BAB I_a.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB II)
18.N1.0013-Hansel-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
18.N1.0013-Hansel-BAB III_a.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
18.N1.0013-Hansel-BAB IV_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
18.N1.0013-Hansel-BAB V_a.pdf

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.N1.0013-Hansel-DAPUS_a.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.N1.0013-Hansel-LAMP_a.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada era saat ini sektor pariwisata di Indonesia berkembang sangat pesat dan berdampak besar pada pendapatan negara dengan berkontribusi pada PDB dari devisa maupun perputaran ekonomi. Perkembangan ekonomi juga dirasakan oleh beberapa daerah atau kota yang memiliki sektor pariwisata yang maju seperti Kota Pekalongan. Kota Pekalongan memiliki Museum Batik sebagai destinasi wisata andalan para wisatawan lokal maupun mancanegara, untuk mempertahankan dan meningkatkan lebih banyak wisatawan, pihak museum sangat mengutamakan pelayanan dan kenyamanan untuk wisatawan, serta menyediakan pemandu untuk mengedukasi wisatawan tentang batik. Namun, akibat pandemi Covid-19, terjadi penurunan jumlah wisatawan yang signifikan, ditambah dengan kurangnya pemandu museum untuk menjelaskan informasi kepada wisatawan juga menyebabkan kurangnya daya tarik dari Museum. Maka dari itu, Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan teknologi Augmented Reality menggunakan Lens Studio dengan metode SDLC Waterfall untuk berinovasi dan mengatasi permasalahan tersebut. Teknologi ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan daya tarik dan memudahkan wisatawan untuk mendapatkan informasi batik dengan cara yang menyenangkan. Pengujian telah dilakukan dengan teori Technology Acceptance Model untuk mengetahui apakah wisatawan dapat menerima teknologi augmented reality sebagai teknologi baru dan diketahui bahwa mayoritas wisatawan setuju terhadap penggunaan teknologi ini yang membantu mereka mendapat informasi batik dengan mudah dan menyenangkan. Pengujian juga dilakukan untuk mengeksplorasi apakah Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Social Influence berkorelasi dengan Behavioral Intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EE dan SI tidak memiliki korelasi dengan BI, sedangkan PE memiliki korelasi positif dengan BI, yang artinya PE mempengaruhi niat pengguna untuk menggunakan kembali teknologi ini kedepannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 727 Buildings for education & research
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 727 Buildings for education & research > Museums
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 31 May 2023 07:07
Last Modified: 31 May 2023 07:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31890

Actions (login required)

View Item View Item